Dianggap Miliki Peran Strategis, Panwas Gandeng Jurnalis Awasi Pilbup Di Brebes - bregasnews.com - Koran Online Referensi Berita Pantura

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Senin, 05 Desember 2016

Dianggap Miliki Peran Strategis, Panwas Gandeng Jurnalis Awasi Pilbup Di Brebes


Bimbingan Teknis Pengawasan Partisipasi Para Penyelenggaraan Pemilihan Bupati Dan Wakil Bupati Brebes 2017
Bregasnews.com  – Melalui bimbingan teknis pengawasan partisipasi ini, para peserta yang terdiri dari insan pers dan jurnalis warga akan memahami proses pengawasan pemilu yang dilakukan panwas.

Demikian dikatakan ketua Panwas Kabupaten Brebes, Kuntoro Tayubi, saat membuka Bimtek Pengawasan Partisifasi pada penyelenggaraan pemilihan Bupati dan Wakil bupati Brebes 2017 di Brebes, Senin 5 Desember 2016.

Ia berharap kedua elemen ini diharapkan terlibat langsung mengawasi pemilu sehingga kualitas Pilkada serentak tahap kedua ini bisa berlangsung lebih baik.

Bimtek pengawasan partisipasi pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Brebes 2017 tersebut salah satunya dilatarbelakangi minimnya kekuatan personil Panwas dalam pengawasan.

“Terutama di desa, karena panitia pengawas lapangan (PPL) yang semula berjumlah tiga sekarang hanya satu. Padahal mempunyai wewenang menangani pelanggaran ataupun sengketa,’katanya.

Dengan keterbatasan personil tersebut, PPL rentan intimidasi dari oknum kelompok pendukung pasangan calon. Satu sisi, mereka dituntut mampu meredam potensi kerawanan yang terjadi selama tahapan Pilkada 2017 berlangsung.

“Semua tim pemenangan Paslon harus memahami aturan, agar tidak melakukan pelanggaran pada semua tahapan pemilu,” tambah Kuntoro.

Lebih lanjut menurut dia, kegiatan Bimtek Pengawasan Partisipatif dilakukan untuk menjalin silaturahmi antara Panwaskab Brebes dan awak media. Menurutnya, para kuli tinta seringkali lebih cepat menemukan adanya ketidakberesan dalam menyelenggarakan pemilu, dibanding pengawas.

“Meski panwas mengedepankan upaya pencegahan pelanggaran, namun pada pemilihan bupati kali ini kami lebih tegas tidak hanya penanganan pelanggaran tapi langsung menindak,”Ungkapnya.

Sementara jurnalis warga, kata dia, merupakan kelompok masyarakat dengan mobilitas tinggi yang aktif dalam menginformasikan peristiwa melalui media online. Para netizen ini diharapkan mampu menjadi relawan pengawas pemilu melalui karya jurnalisnya yang bisa menjadi viral positif di dunia maya.
 
Kepala Sekretariat Panwas Kabupaten Brebes, Sodikin mengatakan Bimtek tersebut diikuti sebanyak 100 oreng yang terdiri dari 65 orang wartawan liputan Brebes dan 35 orang netizen Journalism.

“Bimtek sehari ini diisi dua materi yakni Ketua Panwaskab dan Ketua KPUD,” Pungkasnya.(Trish)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Iklan Disewakan

Laman