Rapat Koordinasi Rencana Panen Serentak Padi MSP di Kecamatan Ketanggungan Kabupaten Brebes - bregasnews.com - Koran Online Referensi Berita Pantura

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Sabtu, 25 Februari 2017

Rapat Koordinasi Rencana Panen Serentak Padi MSP di Kecamatan Ketanggungan Kabupaten Brebes


Brebes, kegiatan dilaksanakan di Pendopo Bupati Brebes pada Selasa 21 Februari 2017 yang diselenggarakan oleh Bupati Brebes dan DPP MSP Brebes tentang Rencana Panen Akbar Padi MSP di Kecamatan Ketanggungan pada April mendatang. Acara ini dihadiri kurang lebih 30 tamu undangan


Dalam sambutannya Bupati Brebes menyampaikan kegiatan ini bertujuan merencanakan penen Padi  MSP serentak  di Kec. Ketanggungan April mendatang, dan rencana penyebarluasan penanaman padi MSP ini kepada masyarakat luas khususnya wilayah Brebes karena padi ini mempunyai keunggulan dalam proses tumbuh kembang dan isinya yang sangat luar biasa dalam menciptakan kedaulatan pangan (beras) di Kab. Brebes demi mewujudkan cita-cita dari Presiden Soekarno yaitu Indonesia harus mampu berkedaulatan pangan.


Ia juga akan mengundang Presiden RI untuk berkenan menghadiri panen padi serentak ini. Dia juga mengucapkan banyak terimakasih kepada Dandim 0713/Brebes yang tidak kenal lelah dalam membantu dan mendukung program swasembada pangan atas instruksi dari Presiden dan Panglima TNI.


Bupati juga merencanakan berbagai kegiatan lain dalam kunjungan RI 1 yang antara lain peresmian Dermaga/Pelabuhan Brebes dan peresmian Patung Presiden RI pertama Soekarno serta peninjauan langsung terhadap kondisi tanggul sungai di wilayah Brebes pasca musibah banjir kemarin guna mendapatkan respon yang lebih dari Presiden.  


Sementara, Dalam kesempatan yang sama Dandim 0713/Brebes juga menyampaikan Kodim 0713/Brebes akan membantu mempersiapkan rencana kunjungan Presiden tersebut, dan diharapkan rencana kunjungan ini bukan hanya acara seremonial saja melainkan agar Presiden lebih mengenal dan memahami tentang apa saja yang menjadi kendala lainnya serta yang dibutuhkan Kabupaten Brebes demi percepatan proses pembangunan kedepannya.


Dandim juga menyampaikan kepada  Bupati tentang masalah penanganan tanggul yang jebol di Kecamatan Karangmalang dan Desa Terlangu serta kelanjutan penanganan terhadap tanggul di Desa Tengki Kecamatan Brebes guna mengantisipasi kejadian banjir yang terjadi di wilayah Brebes beberapa waktu yang lalu.


Terakhir Dandim menyampaikan ucapan terimakasih serta apresiasi yang tinggi kepada seluruh pihak yang telah membantu dalam mensukseskan program swasembada pangan tersebut.


Penjelasan dari Wawan Ketua MSP Brebes antara lain bahwa perbandingan antara Padi MSP dengan Padi Lokal adalah, untuk MSP dalam 1 hektar lahan padi yang ditanami bisa menghasilkan gabah 10-14 Ton tergantung tingkat kesuburan daerah dan perawatannya sedang padi lokal dalam 1 hektar lahan padi hanya dapat menghasilkan 5-6 Ton gabah.


Dikatakan Wawan, sebagai contoh di Situbondo Jatim dalam 1 hektar lahan padi menghasilkan kurang lebih 20 Ton gabah, luar biasa. usia panen MSP ini 3 bulan/90-110 hari sedangkan padi biasa 120 hari. Untuk Padi MSP-18 (Padi Hitam) dapat dipanen dalam 4 bulan/120 hari sedangkan padi hitam biasa memerlukan waktu 6 bulan. Ia juga menjelaskan penemu Padi MSP ini adalah Prof. Insinyur Surono Danu serta pemrakarsa dari program ini adalah Megawati Soekarno Putri.


Sedangkan dalam penyampaian kesan, saran serta pendapat oleh Camat  Ketanggungan, Laode Vindar Aris Nugroho, A.P, M.Si, menyampaikan beberapa hal diantaranya  ucapan terimakasih kehormatan dalam rencana menerima kunjungan Presiden mendatang dalam rangka Panen Padi MSP serentak.


Kemudian ia menyampaikan rencana pengamanan kunjungan tersebut dengan berkoordinasi dengan Polres Brebes dan Kodim 0713/Brebes dalam membantu proses pengamanan. Dalam rencana panen tersebut, ada sekitar 130 hektar lahan padi MSP yang akan dipanen yang tersebar di 3 Desa di Kec. Ketanggungan.


Ia menyampaikan bahwa dalam rencana peninjauan tanggul sungai yang jebol oleh Presiden di Desa Karangmalang di Blok Ketapang, sore tadi ia mengawal Dandim 0713/Brebes guna meninjau langsung kondisi fisik tanggul tersebut.


Selanjutnya, ia melaporkan bahwa pembangunan Fly Over Dermoleng sudah memasuki tahap pemasangan tiang pancang sebanyak 4 buah sehingga menjadikan pembangunan tercepat Fly Over dari beberapa wilayah lainnya.


Camat ketanggungan juga menyampaikan harapan bahwa kunjungan Presiden ke wilayah Kecamatan Ketanggungan diharapkan menjadi dorongan/semangat yang signifikan guna mempercepat proses pembangunan di wilayah Kecamatan Ketanggungan.(Tris)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Iklan Disewakan

Laman