Bencana Alam Nasional Di Salem, Mensos RI Salurkan Bantuan - bregasnews.com - Koran Online Referensi Berita Pantura

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Rabu, 28 Februari 2018

Bencana Alam Nasional Di Salem, Mensos RI Salurkan Bantuan


Bregasnews.com –  Menteri Sosial RI Dr. Drs. M. Idrus Marham, M.Sc beserta rombongan melaksanakan kunjungan kerja ditengah proses pencarian 7 jenazah korban longsor di Salem yang belum diketemukan oleh tim gabungan. Selasa (27/2/2018).

Rombongan Mensos RI tiba sekitar pukul 06.30 WIB menggunakan jalur darat melewati Jalan Raya Bantarkawung-Salem dan disambut langsung oleh Dandim 0713/Brebes Letkol Inf. Ahmad Hadi Hariono selaku Ketua Gulbencal Kabupaten Brebes. Beberapa pejabat di lingkungan Pemkab Brebes antara lain Bupati Brebes Hj. Idza Priyanti, SE.MH, Kapolres Brebes AKBP Sugiarto, SH.SIK.M.Si, Kadinsos Brebes Syamsul Komar Kaedy, S.Sos, Para Camat se-Brebes Selatan, Kades Pasirpanjang dan Kades Windusakti serta warga masyarakat Desa Pasirpanjang Kecamatan Salem, keseluruhan hadirin sekitar 500 orang.
M. Idrus Marham beserta rombongan juga menyempatkan diri tinjau lokasi bencana alam tanah Longsor maupun di Dapur Umum (DU) selanjutnya ketempat pengungsian di Desa Pabuaran dan di Desa Windusakti.

Rombongan Mensos RI tersebut antara lain Dirjen Linjamsos Kemensos RI Dr. Ir. Harry Hikmat, M.Si, Dirjen Penanganan Fakir Miskin (PFM) Kemensos RI Dr. Andi ZA Dulung, M.Si, Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam (PSKBA) Kemensos RI Drs. Margowiyono, M.Si serta Anggota DPR RI Agung Widiantoro.

Dalam kunker ini Mensos menerima paparan singkat dari Dandim 0713/Brebes terkait situasi dan kondisi serta langkah-langkah penanganan pasca bencana banjir maupun tanah longsor yang hampir terjadi diseluruh wilayah Kabupaten Brebes. Mensos RI selanjutnya menyerahkan santunan dan bantuan Non-Tunai Program Keluarga Harapan (PKH) dan Beras Sejahtera (RASTRA) kepada para ahli waris maupun korban luka bencana alam tanah longsor tersebut. Bantuan tersebut masing-masing berupa santunan meninggal dunia sebesar 15 juta rupiah/jiwa kepada 13 ahli waris, santunan luka-luka kepada 12 orang masing-masing menerima sebesar 2 juta rupiah, bantuan logistik bencal sebesar Rp 394.679.150, bantuan sembako sebesar 26.250.000, bantuan mobil dapur lapangan untuk Kabupaten Brebes sebesar Rp. 523.435.000. Total bantuan yang diberikan tersebut adalah sebesar Rp. 1.163.382.150,-

Bantuan sosial dari Dirjen Linjamsos RI, Dr. Ir. Harry Hikmat, M.Si kepada warga masyarakat di Provinsi Jateng tahun 2018 dengan rincian sebagai berikut : Program PKH Reguler penerima sebanyak 1.538.149 keluarga sebesar Rp. 2.907.101.610.000, Program PKH Disabilitas dengan penerima 6.250 jiwa sebesar Rp. 1.250.000.000, Program PKH Lansia kepada 45.498 jiwa sebesar Rp. 90.978.000.000. Bantuan lainnya adalah bantuan pangan Beras Sejahtera (Rastra) kepada 2.550.603 keluarga sebesar Rp. 3.366.795.960.000. Untuk bantuan hibah dalam negeri adalah bantuan paket sembako kepada 1.550 keluarga sebesar Rp. 117.560.000 dan bantuan paket anak berprestasi kepada 40 anak sebesar Rp. 9.000.000, dan total bantuan keseluruhan mencapai Rp. 6.377.502.130.000.

Dalam sambutannya M. Idrus Marham menyampaikan ucapan dukacita yang mendalam kepada para korban bencana alam yang meninggal dunia serta bagi para keluarga yang ditinggalkan agar diberi ketabahan. “Instruksi dari Bapak Presiden adalah jika ada bencana alam terlebih yang berskala nasional, maka harus ditangani dengan terpadu, menyeluruh dan berkesinambungan. Tidak satupun dari anak bangsa ini yang tertimpa musibah bencana alam yang tidak tertangani oleh pemerintah. Pembangunan jembatan harus segera dilakukan agar akses jalan provinsi bisa kembali digunakan. Pembangunan tidak harus menunggu APBN akan tetapi Pemda harus mencari alternatif lain serta dapat menggunakan dana tanggap darurat provinsi untuk membangun kembali infrastuktur yang rusak akibat bencana alam melalui koordinasi dengan gubernur. Semoga semua bantuan dari pemerintah dapat bermanfaat dalam memulihkan infrastruktur yang rusak maupun membantu para korbannya,” tandasnya.

Menteri Sosial RI, kemudian menyerahkan bantuan dan santunan Non-Tunai PKH maupun RASTRA yang diterima secara simbolis oleh Bupati Brebes serta perwakilan keluarga para korban.

Dalam kesempatan itu, Bupati Brebes Hj. Idza Priyanti, SE.MH mengucapkan terimakasih atas bantuan dari pemerintah pusat tersebut yang ikut prihatin serta berbela sungkawa terhadap para korban bencal banjir maupun tanah longsor Brebes. “Semoga yang sudah meninggal diberikan khusnul khatimah,” ucapnya.

Personil pengamanan berjumlah 65 orang gabungan antara anggota Kodim 0713/Brebes dan anggota Polres Brebes degan dibantu anggota Linmas, Satpol PP serta Banser Kabupaten Brebes. Pukul 12.00 WIB Menteri Sosial RI beserta rombongan mengakhiri kunjungannya dan meninggalkan wilayah Kabupaten Brebes via jalur darat menuju Kabupaten Kebumen. (Aan/tris)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Iklan Disewakan

Laman