Panen Padi Serempak di Brebes Bersama Dandim 0713 - bregasnews.com - Koran Online Referensi Berita Pantura

Breaking

Home Top Ad



Post Top Ad

Kamis, 01 Februari 2018

Panen Padi Serempak di Brebes Bersama Dandim 0713


Bregasnews.com – Panen Padi Serentak di wilayah Kabupaten Brebes dalam upaya khusus cipta Brebes swasembada pangan 2018 dilaksanakan diwilayah Kecamatan Bantarkawung, tepatnya di areal persawahan milik H. Birin, Ketua Gapoktan Sumber Jaya Dukuh Sawangan Desa Pangebatan. Kamis (1/2/2018).

Dandim 0713/Brebes Letkol Infanteri Ahmad Hadi Hariono, yang didampingi pihak terkait tersebut yang hadir, secara simbolis memulai panen serempak dengan disaksikan seluruh hadirin. Di Persawahan seluas 2 hektare tersebut, pendampingan panen raya bersama ini dihadiri antara lain Kadintan Brebes yang diwakili Kabid Produksi Dintanhan Pangan Ir. Madyo Raharjo, Pasiterdim 0713/Brebes Kapten Inf. Sutarno, Camat Bantarkawung Drs. Gunarto, M.Si, Kapolsek Bantarkawung Iptu Ashari, SH, Danramil 12/Bantarkawung Kapten Armed Zaenal Abidin beserta para Babinsanya, Kepala BPP/Korpro Bantarkawung Raswanto, S.St, Kades Pangebatan Irham Farisi, S.Pt, Kadus Sawangan Bambang, Kepala Gapoktan Sumber Jaya Dukuh Sawangan Desa Pangebatan Ahmad Faizin, Ketua P3A Pangebatan Syarifudin Hidayatullah serta para petani dari Gapoktan Sumber Jaya.

Dari hamparan padi yang dipanen serentak tersebut, adalah padi jenis Sintanur dengan hasil 5,72 Ton/hektarnya setelah dilakukan perhitungan secara ubinan dari Dintan Kabupaten Brebes serta PPL Kecamatan Bantarkawung.

Dalam kesempatannya Letkol Hadi, menyampaikan “Guna mendukung program swasembada pangan nasional khususnya di Brebes, para Babinsa kami yang dibantu oleh PPL Kecamatan serta perangkat desa setempat, aktif dalam melakukan pendampingan mulai dari tahap pengolahan lahan, realisasi tanam, pemupukan serta pengendalian OPT. Kini di areal persawahan 2 hektare ini dilaksankan pendampingan panen raya serempak, kedepan pasca panen pihak kami akan terus mendampingi para Poktan Sumber Jaya dari mulai dari penjemuran GKP serta menyetorkannya ke Bulog. Ini sudah merupakan tugas TNI terutama melalui para Babinsa dalam membantu pemerintah sesuai dengan instruksi dari Panglima TNI serta Menteri Pertanian RI,” terangnya.

“Saya juga berharap untuk para petani, supaya nanti menyetorkan hasil panen ini kepada Bulog Brebes, sehingga ketahanan pangan atau swasembada pangan di Brebes dapat tercipta, karena wilayah selatan Brebes adalah penyumbang terbesar pangan berupa padi dibandingkan dengan daerah Brebes lainnya,” pungkasnya.

Sementara Kepala BPP/Korpro Kecamatan Bantarkawung Raswanto, S.St, menuturkan “Saya mewakili para petani dari Poktan Sinar Jaya Dukuh Sawangan Desa Pangebatan, sangat berterima kasih kepada Bapak Dandim beserta jajarannya serta seluruh pihak terkait lainnya, karena telah banyak membantu para petani mulai dari pengawalan irigasi, pendampingan tanam padi sampai panen raya ini. Hal ini sangat bermanfaat bagi para petani. Peran Babinsa dan PPL Kecamatan Bantarkawung sangat dirasakan kehadirannya oleh para petani kami. Dengan panen ini, semoga Bantarkawung khususnya Desa Pangebatan dapat membantu Pemerintah Daerah dalam menciptakan Brebes Swasembada Beras 2018,”. (Aan/ts)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Iklan Disewakan

Laman