Coba Sadarkan Masyarakat, Hari Ini Di Gelar Aksi World Clean Day 2018 Brebes - bregasnews.com - Koran Online Referensi Berita Pantura

Breaking

Home Top Ad



Post Top Ad

Sabtu, 15 September 2018

Coba Sadarkan Masyarakat, Hari Ini Di Gelar Aksi World Clean Day 2018 Brebes



Bregasnews.com - Sampah merupakan masalah utama bukan hanya di Brebes saja, namun juga di dunia. Hari ini serentak di 196 negara, menggelar aksi World Clean Day. Sabtu (15/9/18).

Instansi pemerintahan dan TNI di wilayah Kecamatan Ketanggungan dan sejumlah warga setempat, berupaya mengedukasi dan menyadarkan masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan. Sekitar 300 orang menggelar aksi ganyang sampah selama 3 jam di Jalan Jenderal Sudirman Ketanggungan maupun di lingkungan sekitarnya. Kegiatan dimulai dari Pukul 06.00 WIB, melalui apel pengecekan yang dipimpin Camat.

Selain warganya, tujuan penyisiran sampah kali ini difokuskan untuk percontohan kepada para pemilik warung dan warga setempat. Juga bagi para pengendara kendaraan bermotor yang melintas agar lebih peka dan sadar bahwa membuang sampah sembarangan adalah hal yang keliru.

Anggota TNI dari Koramil 15 Ketanggungan Kodim 0713 Brebes, terlihat membaur bersama para PNS Kecamatan, anggota Dinas Kebersihan dan Lingkungan Hidup, Kepala Desa beserta perangkatnya, Kepala Pasar Dermoleng serta warga masyarakat Ketanggungan.

Dikatakan Danramil, Kapten Infantri Sugeng bahwa “Gerakan World Clean Day terutama lingkungan pasar dimaksudkan, karena di tempat ini biasanya konsentrasi sampah lebih banyak dibandingkan tempat lainnya. Kurangnya kesadaran para pembeli dan pedagang coba kami gugah bersama di Pasar Dermoleng. Kegiatan penyadaran agar menjaga dan memelihara kelestarian lingkungan dari sampah akan kami upayakan berkelanjutan dalam bhakti TNI, pasalnya juga sebagai wahana dalam memupuk silaturahmi dan rasa kebersamaan antar warga,” bebernya.

Kegiatan ini mendapat apresiasi dari berbagai lapisan masyarakat yang antusias membantu, terlebih Dinas Kebersihan dan Lingkungan Hidup Kecamatan Ketanggungan.

“Saya berharap ini menjadi awal yang baik guna mendukung upaya Pemerintah Kabupaten dalam meraih Adipura kedepan dan Indonesia Bebas Sampah 2025.” imbuhnya berharap peserta aksi dan warga maupun pengendara yang melintas mampu tergerak untuk mencontoh kedepannya.

Penulis mengajak, dari kegiatan ini dapat di ambil hikmah dan pelajaran bahwa, sampah dapat di perangi mulai dari pribadi terkecil kita masing-masing, yaitu dengan membiasakan membuang sampah pada tempatnya. Dengan lingkungan yang bersih dan terpelihara maka kesehatan diri, keluarga serta seluruh warga di dalamnya akan terhindar dari berbagai macam penyakit. Untuk bonusnya adalah aspek estetika lingkungan dan Brebes akan meraih Adipura kedepannya jika seluruh rakyatnya peduli sampah. (ts)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Iklan Disewakan

Laman