Cegah Longsor, TNI dan Masyarakat Kerja Bhakti Hijaukan Tanggul Sigeleng Brebes - bregasnews.com - Koran Online Referensi Berita Pantura

Breaking

Home Top Ad



Post Top Ad

Jumat, 14 Desember 2018

Cegah Longsor, TNI dan Masyarakat Kerja Bhakti Hijaukan Tanggul Sigeleng Brebes



Bregasnews.com – ”Kerja Bakti Hijau” Puluhan anggota TNI Kodim 0713 Brebes bersama segenap komponen masyarakat maupun pelajar menanam pohon di sepanjang tanggul Sungai Sigeleng Desa Limbangan Kulon Kecamatan Brebes, ini dilakukan sebagai upaya antisipasi tanggul agar tidak mudah longsor kedepannya, terutama jika air meluap. Jumat (14/12/2018).

“Selain penghijauan tanggul sungai pasca dinormalisasi dan sterilisasi bangunan di bantaran pada akhir Agustus lalu, tujuan lainnya adalah untuk menggelorakan semangat kegotongroyongan masyarakat pedesaan karena merupakan salah satu modal dasar persatuan dan kesatuan bangsa. Menyambut Hari Juang Kartika Ke-73 Tahun 2018, kegiatan semacam ini dilakukan serentak diseluruh wilayah Indonesia,” ungkap Danramil 01 Brebes, Kapten Infanteri Nurhadi yang mewakili Dandim.

Dijelaskannya lanjut, reboisasi juga berguna untuk meminimalisir kerusakan akses jalan akibat longsoran di bantaran sungai. Jumlah pohon yang ditanam meliputi bibit jati, trembesi dan mahoni yang masing-masing sebanyak 500 batang dan bersumber dari bantuan Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung Pemali-Jratun, Desa Baros Kecamatan Ketanggungan. Kemitraan dinas dengan Kodim, adalah dalam mengoptimalisasi fungsi hutan dan lahan bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat, sehingga masyarakat juga dilibatkan.

Sementara, Menurut Camat Brebes melalui H. Taripin (48) menyatakan apresiasi atas kinerja Kodim dalam membantu dinas LH dan BBWS Pemali Juana dalam melestarikan ekosistem sungai Daerah Aliran Sungai, mitigasi longsor dengan memperkuat infrastruktur pendukung jalan melalui pelibatan segenap komponen. Pasalnya, melestarikan lingkungan sungai menjadi kewajiban semua pihak, sehingga menguatkan tanggul dengan penanaman pohon juga diharapkan dapat mencegah bencana banjir terjadi kembali di kemudian hari.

Nampak ikut menanam pohon, anggota Linmas dan Satpol PP Brebes, Komunitas Masyarakat Jaga Kali Segeleng Limbangan Kulon (Masjali Geleng Kellon) serta puluhan pelajar dari MTS N 2 Brebes kelas 2. (Aan/ts)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Iklan Disewakan

Laman