Upaya Reboisasi, Ratusan Bibit Jati Trembesi dan Mahoni Siap Tanam di Sungai Sigeleng Brebes - bregasnews.com - Koran Online Referensi Berita Pantura

Breaking

Home Top Ad



Post Top Ad

Jumat, 14 Desember 2018

Upaya Reboisasi, Ratusan Bibit Jati Trembesi dan Mahoni Siap Tanam di Sungai Sigeleng Brebes



Bregasnews.com – Dalam upayanya mereboisasi kembali tanggul Sungai Sigeleng di wilayah Desa Limbangan Kulon Kecamatan Brebes, Kodim 0713 Brebes mendapatkan bantuan berupa ribuan bibit pohon siap tanam dari Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung Pemali-Jratun, Desa Baros Kecamatan Ketanggungan. Kamis (13/12/2018).

Kemitraan dengan TNI Brebes ini, adalah salah satu dukungan dalam meningkatkan peran serta masyarakat dalam optimalisasi fungsi hutan dan lahan bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat itu sendiri. Untuk itulah Balai tersebut menyerahkan bibit jati, trembesi dan mahoni yang masing-masing sebanyak 500 batang, yang akan ditanam lintas sektoral di Tanggul Sungai Sigeleng dalam karya bakti TNI Kodim 0713 Brebes menyambut Hari Juang Kartika Ke-73 Tahun 2018.

Diketahui sebelumnya, tanggul Sigeleng telah disterilisasi dari bangunan liar semi permanen dan pengerukan sedimentasi yang dimulai pada 24 Agustus sampai dengan pertengahan September 2018. Kini bekas bangunan di tanggul, akan dihijaukan kembali sampai mengarah ke Desa Randusanga Kulon Kecamatan Brebes dan direncanakan Jumat (14/12) ini.

Niat Kodim ini disambut baik oleh warga masyarakat Limbangan Kulon melalui Kepala Kelurahan, Kusuma Edi SIP, termasuk Komunitas Masjali Geleng Kellon (Masyarakat Jaga Kali Sigeleng Limbangan Kulon) yang diketuai Zulfandi, akan terjun melaksanakan penanaman bibit. Sementara Danramil 01 Brebes, Kapten Infanteri Nurhadi telah berkoordinasi pihak terkait termasuk perangkat desa guna menggerakkan warganya dalam membersihkan tumbuhan liar di tanggul yang akan ditanami demi estetika Sigeleng. (Aan/ts)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Iklan Disewakan

Laman