Potensiana.com Akan Hadir Menjadi Marketplace Indonesia Terbaik - bregasnews.com - Koran Online Referensi Berita Pantura

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Selasa, 25 Juni 2019

Potensiana.com Akan Hadir Menjadi Marketplace Indonesia Terbaik



Oleh : Dede Farhan Aulawi (Pemerhati Ekonomi Digital)

Bregasnews.com - Perubahan peradaban yang super cepat merubah banyak tatanan kehidupan, termasuk di dalamnya tatanan bertransaksi sudah banyak bergeser dari sistem konvensional ke sistem digital. Begitupun pasar konvensional yang menjadi tempat bertemunya antara penjual dan pembeli dengan beragam infrastrukturnya, terus bergerak menuju infrastruktur baru yang disebut marketplace. Pasar tradisional yang sering diilustrasikan tempat yang becek atau kotor, berubah menjadi pasar virtual dimana setiap orang bisa melakukan transaksi dimana saja dengan platform teknologi modern berbasis digitalisasi.

Marketplace sendiri secara sederhana dapat didefinisikan sebagai website atau aplikasi online yang memfasilitasi proses jual beli antara penjual dan pembeli. Dengan bahasa sederhana fasilitas yang mempertemukan penjual dan pembeli secara sangat mudah melalui suatu sistem aplikasi. Misalnya yang akan segera diluncurkan adalah potensiana.com yang diprediksi akan menjadi marketplace terbaik di Indonesia.

Sistemnya sebenarnya mirip sekali seperti pasar biasa. Aplikasi ini hanya menyediakan tempat bagi para penjual untuk berjualan. Jika ada peminat untuk membeli produk yang ditawarkan, maka selanjutnya pembeli membayarnya. Setelah menerima pembayaran, penjual akan mengirim barang ke pembeli. Dengan demikian sistem aplikasi pasar digital ini memberi banyak kemudahan dan kenyamanan bagi para penggunanya.

Amazon dan eBay merupakan dua perusahaan yang merintis sistem marketplace ini sekitar tahun 1995, yang disusul oleh sistem perbankan yang disebut online banking pertama yang dilakukan oleh The Presidential Bank di AS. Disusul oleh kemunculan PayPal sekitar tahun 1998 yang memberi banyak kemudahan dalam melakukan transaksi online.

Dalam terminologi marketplace dikenal dua istilah, yaitu Horizontal Marketplace dan Vertical Marketplace. Horizontal marketplace yaitu sistem aplikasi yang memfasilitasi penjualan berbagai produk dengan kategori yang berbeda-beda. Sementara Vertical Marketplace lebih bersifat spesialis, artinya menjual produk yang terspesialisasi.

Website indonesia terbaru sebagai calon marketplace terbaik akan segera diluncurkan tanggal 3 juli 2019 adalah Potensiana.com. Di website tersebut fasilitasnya sudah lengkap di playstore android dan appstore Ios apple. Juga sudah menggunakan 2 bahasa yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Artinya calon penjual dan calon pembeli bisa datang dari berbagai belahan dunia, sehingga supply dan demand-nya bersifat unlimited. Hal ini tentu memberi kenyamanan, kebanggaan dan kemudahan bagi semua orang yang ingin bertransaksi karena harga yang ditawarkan bisa sangat kompetitif. Saat ini upload produk makin bertambah cepat dan terus bertambah menjadi pasar digital terlengkap untuk memasarkan dan/atau menemukan barang. Kita bisa segera untuk mencoba menggunakan potensiana.com untuk perdagangan komoditas daerah, pertambahngan, perkebunan, peternakan, industri, jasa dan lain – lain. Semoga kehadiran potensianan.com ini menjadi sarana jalan bagi kita untuk meningkatkan kemudahan berbisnis sehingga bisnis kita segera berkembang pesat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Iklan Disewakan

Laman