PPDB SMPN Di Brebes Dapat Apresiasi Positif Dari Kementrian Pendidikan RI - bregasnews.com - Koran Online Referensi Berita Pantura

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Selasa, 07 Juli 2020

PPDB SMPN Di Brebes Dapat Apresiasi Positif Dari Kementrian Pendidikan RI

Tarwadi, Kepala Sekolah SMP Negeri 4 Brebes


Bregasnews.com - Penerimaan PPDB siswa baru tingkat SMP di kabupaten Brebes menjadi sorotan dan menjadi  Percontohan kabupaten Tegal dan Pemalang, pasalnya penerimaan siswa baru yang menggunakan sistem zonasi afirmasi prestasi dan jalur pindahan itu tutup menggunakan sistem ranking.

Bahkan tahun 2019 penggunaan sistem ranking pada saat penerimaan siswa baru  dengan jalur zonasi afirmasi dan prestasi itu mendapat apresiasi dari Dirjen  Pendidikan Dasar Kementerian Pendidikan Republik Indonesia, hal ini dikatakan Tarwadi kepala sekolah SMP Negeri 4 Brebes, saat dikonfirmasi Senin 6 juli 2020.

Lebih lanjut dikatakan Tawadi, kalau menggunakan rankingisasi ada pada saat zonasi dan afirmasi prestasi dilakukan, maka semua diuntungkan terutama bagi mereka-mereka yang memiliki zona di sekitar tempat sekolah berada dan mereka yang memiliki prestasi di wilayah yang agak jauh tidak masuk zonasi pun bisa mendaftar dan masuk diterima di sekolah yang bagus.

" Kalau jumlah kuota di sekolah tersebut sudah memenuhi  maka yang dilakukan adalah sistem zonasi murni, namun kalau  jumlah siswa yang ikut mendaftar melebihi kuota maka akan dilakukan seleksi dengan menghitung  prestasi calon  siswa," ungkapnya.

Hal ini, kata dia yang mendapat apresiasi positif dari kementerian pendidikan bahkan dinilai orang tua wali murid kalau anak-anak yang di terima di sekolah jalur zonasi afirmasi dan prestasi menggunakan sistem rangking isasi maka hal ini dinilai berkeadilan.

" Sekedar untuk perbandingan zonasi di tingkat SMA di kabupaten Brebes karena masih menggunakan sistem zonasi murni, maka  yang diuntungkan adalah mereka yang berkedudukan di sekitar sekolah yang favorit." ujarnya.

Namun, dikatakan Tarwadi, bagi mereka-mereka yang berdomisili agak jauh dari sekolah favorit yang dituju semisal Sigempol Randusanga, Pandansari  Pemaron, Terlangu.

" Salah satu contoh korban zonasi anak saya sendiri anak saya di sekolahnya itu rangking 2, namun ketika zonasi ia tidak bisa masuk favorit SMA  1, 2 ,3 di SMA favorit, beruntung anak saya bisa ikut jalur prestasi dan dia masuk di salah satu SMA favorit di kabupaten Brebes, " pungkasnya (tgh/tm)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Iklan Disewakan

Laman