Brebes Kaya Budaya, Jalawastu Mendunia - bregasnews.com - Koran Online Referensi Berita Pantura

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Senin, 11 Januari 2021

Brebes Kaya Budaya, Jalawastu Mendunia



Bregasnews.com - 11 Januari 2020, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM STAI Brebes), mengadakan kegiatan Gerakan Literasi bersinergi dengan Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Sekolah Tinggi Agama Islam Brebes, Mengangkat Tema Ekspedisi Kampung Budaya Jalawastu, bertempat di desa Ciseureuh, Ketanggungan, Jalawatu, Kec. Ketanggungan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.


Kegiatan ini di ikuti oleh 20 Mahasiswa/i STAI  dari berbagai jurusan, di mana 2 divisi di BEM, ada divisi sosial budaya perpusat pada riset, serta divisi pendidikan pada pengabdian masyarakat, kegiatan penelitian ini perlu di kembangkan terus untuk membantu pemecahan masalah masalah yang ada di Kab. Brebes, guna menuju masyarakat Brebes yg sejahtera, berkeadilan di segala bidang terutama Sosial Budaya, Ekonomi, Pendidikan dan Kesehatan, serta meningkatkan Kepedulian desa terpencil dan membuka mata di dunia luar, ucap Dra. Hj. Roisah. M. Pd (Ketua LPPM STAI Brebes).


Menjalani hidup harus hati hati, jagalah alam ini, jangan menyakiti, apalagi sampai membunuh sesama makhluk hidup, kita harus merawat tempat ngasa dan pesarean gedong kampung jalawastu ini, pertahankan adat yang sudah lama di pegang teguh oleh leluhur terdahulu, Tutur Mbah Karsono dan Sesepuh Pemangku Adat Jalawastu.


Tentang asal mula kampung jalawastu, bahwa ada seorang yang sedang mencari ikan di sungai menggunakan jala kemudian setelah menjala, pen-jala itu beristirahat dan menjemur jala nya di atas batu, kemudiam daerah itu di sebut jala watu, dan seriring berjalan nya waktu di sebut Jalawastu.


Dalam pengabdian ini juga mahasiswa/i STAI Brebes mengadakan pengabdian di SD Negeri Cisereuh 2 dan di sambut baik oleh kepala sekolah Dastam, S.Pd, beliau dan seluruh dewan guru  sangat senang sekali, semoga ada tindak lanjut dari penelitian ini, Kegiatan ini juga bertujuan untuk mengungkap sejarah tersembunyi dari kampung Jalawastu, jangan sampai pemuda sekarang lupa akan sejarah tanah kelahiran nya sendiri, Ucap Mas Dodi Ketua BEM STAI Brebes dan Penerima Bantuan/ Beasiswa Rumah Cinta Brebes.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Iklan Disewakan

Laman