Petugas Jemput Bola, Warga Yang Terpapar Positif Covid 19 Segera Di Isolasi - bregasnews.com - Koran Online Referensi Berita Pantura

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Selasa, 15 Juni 2021

Petugas Jemput Bola, Warga Yang Terpapar Positif Covid 19 Segera Di Isolasi



Tegal. Bregasnews - Komandan Kodim 0712 Tegal Letkol Inf Sutan Pandapotan Siregar bersama Kapolres Tegal Kota AKBP Rita Wulandari Wibowo mendatangi keluarga sejumlah penderita COVID-19 yang melaksanakan isolasi mandiri di Kelurahan Randugunting, Kecamatan Tegal Selatan, Senin (14/6/21).


Kepada Keluarga penderita COVID-19  tersebut Dandim dan Kapolres memberikan edukasi agar keluarga penderita  Covid-19 tersebut mau dipindahkan ke tempat isolasi terpusat di Rusunawa Tegalsari, Kota Tegal. 

"Meskipun awalnya menolak, lima orang dari tiga kepala keluarga (KK) tersebut akhirnya mau setelah tadi kami edukasi," kata AKBP Rita Wulandari Wibowo. 

Penjemputan terhadap kelima pasien Covid-19 tersebut, kata Kapolres dilakukan Tim Satgas Covid -19 sebagai upaya pengendalian penyebaran di lingkungan tersebut. 

“Karena dalam satu RT sudah ada tiga rumah yang positif maka diambillah langkah pengendaliannya dengan menjemput mereka untuk isolasi terpusat,” ujar Rita. 


Sebelumnya, kata Rita, telah dilakukan upaya Testing dan Tracking kepada warga sekitar. Aktivitas di tempat ibadah di wilayah  juga telah diminta dihentikan sementara. Termasuk taman bermain anak. 

Menurut Kapolres, Kasus COVID-19 di wilayah tersebut bukan merupakan klaster. Namun kebetulan warga yang terpapar berada di satu lingkungan RT.

"Karena mereka yang terkonfirmasi positif kan bukan klaster, tapi terpaparnya di tempat-tempat yang berbeda yang trackingnya juga sulit. Satu-satunya agar jangan sampai menyebar menjadi klaster RT maka Satgas COVID-19 melakukan langkah pengendalian membawa mereka ke Rusunawa Tegalsari,"tandas Rita. 


Dandim 0712/Tegal Letkol Inf Sutan Pandapotan Siregar menambahkan diharapkan semua yang terkena Covid 19 mau dirawat di Rusunawa, karena disana bisa lebih fokus dalam hal penanganan, disana nanti  boleh telepon keluarga selama perawatan

Di Rusunawa fasilitas perawatan lebih lengkap, ada Dokter langsung yang menangani, kalau dirawat dirumah sendiri pengawasanya kurang, dan bisa menularkan ke orang lain di keluarga sendiri ataupun tetangga tetangga sekitarnya.


Sementara itu, Lurah Randugunting Dian Andriyanto menyebut ada enam warga yang positif COVID-19 dalam satu RT, tepatnya di RT 2 RW 10. “Lima orang isolasi mandiri di rumah, dan seorang lagi diisolasi di RSUD Suradadi, Kabupaten Tegal. Mereka tinggal di tiga rumah di RT 2 RW 10,” jelasnya. 

Mereka yang positif COVID-19, menurut Dian, ada yang terdiri bapak, ibu, dan anak, suami istri, serta seorang santri yang baru pulang dari pondok kemudian dites swab positif COVID-19. 

‎Kelima orang yang sedang isolasi mandiri di rumah dijemput dan selanjutnya dibawa ke tempat isolasi terpusat di Rusunawa Tegalsari. “Satu orang yang di RSUD Suradadi juga akan kita jemput dan rujuk ke Rusunawa biar bareng bersama istrinya,” pungkas Dian. (Abdurokhim)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Iklan Disewakan

Laman