Luar Biasa! Polda Jateng Mageri Segara dengan 1 Juta Mangrove di Daerah Pesisir - bregasnews.com - Koran Online Referensi Berita Pantura

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Minggu, 03 Oktober 2021

Luar Biasa! Polda Jateng Mageri Segara dengan 1 Juta Mangrove di Daerah Pesisir




Bregasnews.com (Semarang) - Dalam rangka mendukung program pemulihan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) di tengah Pandemi Covid-19, seperti yang sudah di canangkan presiden RI Jokowi di berbagai wilayah pesisir 


Kapolda Jawa Tengah Irjen Ahmad Lutfi melalui Kabid Humas Polda Jawa Tengah Kombes M. Iqbal A, S.I.K. mengungkapkan, untuk memulihkan PEN, pihaknya menggelar kegiatan, Mageri Segara Mangrove. Adapun artinya adalah memberi pagar lautan dengan tanaman mangrove.

 

"Program penanaman mangrove dipusatkan di Desa Bendono, Sayung Demak. Kegaiatan ini akan di ikuti oleh 13 Polres yang mempunyai daerah pesisir pantai," kata Iqbal kepada wartawan, Sabtu (2/10/2021).


"Rencana Polda Mageri Segara akan di laksanakan ada hari kamis tanggal 7 Oktober 2021 akan di tanam 10 ribu tanaman mangrove di Desa Bendono dan diikuti oleh 13 Polres dengan masing masing menanam  masing masing 10 ribu mangrove. 

Total 130 ribu mangrove akan di tanam. Target kita sampai dengan akhir tahun 2021 sudah dapat di tanam 1 juta magrove di pesisir Jawa Tengah," ujar Iqbal.


Iqbal mengungkapkan maksud baik dari Kapolda Jateng terkait dengan kegiatan ini. Pasalnya, Mageri Segara ini adalah merehabilitasi hutan mangrove untuk mencegah abrasi, mengurangi emisi karbon dan menjaga ekosisitem di pesisir.


"Rangkaian kegiatan Polda Jateng Mageri Segara juga akan di ikuti kegiatan Vaksinasi bagi masyarakat Bahari sebagai upaya. Percepatan Vaksinasi. Di bidang ketahanan pangan juga akan dilakukan panen kerang di Desa Bendono. Yang tentunya akan sangat membantu masyarakat di Bendono untuk tetap kuat ketahanan pangan," ucap Iqbal. 


Iqbal menuturkan, pihaknya juga akan menyalurkan 500 ribu sembako bagi masyarakat bahari di daerah pesisir wilayah Jawa Tengah.


Dalam hal ini, Kapolda berharap agar seluruh elemen masyarakat, komunitas pecinta lingkungan terutama masyarakat pesisir dapat menjaga dan memelihara mangrove sehingga memberi kemanfaatan bagi masyarakat. 


"Ditengah Pandemi Covid ini, nari kita tetap bersama sama menjaga hutan bakau kita tetap lestari dan momentum ini kita jadikan sebagai kebagangkitan masyarakat dalam ketahanan pangan dan masyarakat sehat dengan vaksinasi, jangan lupa protokol kesehatan. Pakai masker adalah kunci utama kita dalam mengurangi penyebaran Covid," papar Iqbal.


Kegiatan ini akan diikuti oleh Bapak Pangdam dan Jajaran TNI , Danlanal  Bupati Demak, Para Kepala dinas terkait, Basarnas, aktivis lingkungn hidup, mayarakat Bendono dan komunitas Nelayan dan mengundanng pimpinan media di biro daerah masing-masing. (red/tris)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Iklan Disewakan

Laman