Pelatihan ”METASTRATEGY & THE EVOLVING CHARACTER OF WAR” - bregasnews.com - Koran Online Referensi Berita Pantura

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Senin, 31 Januari 2022

Pelatihan ”METASTRATEGY & THE EVOLVING CHARACTER OF WAR”



Bregasnews.com - “ Pada dasarnya manusia secara umum tentu akan cinta damai dan berusaha untuk menghindari kemungkinan terjadinya perang, karena walau bagaimanapun perang tentu akan berimplikasi pada berbagai kerugian, baik kerugian nyawa ataupun aset negara dan pribadi lainnya. Namun demikian, meskipun perang tidak dikehendaki tetapi kita tetap harus bersiap diri dan terlatih dalam menghadapi kemungkinan terjadinya perang “, ungkap Pemerhati Pertahanan Dede Farhan Aulawi di Bandung, Sabtu (29/1).


Di zaman Roma kuno, Fetiales memimpin perang dengan melemparkan tombak upacara ke wilayah musuh dan membuka pintu kuil Janus. Kemudian, mengakhiri perang dengan seremoni tradisional dimana Vercingetorix meletakkan pedangnya di kaki Caesar, pertemuan Lee dan Grant di Appomattox, atau perwakilan Kaisar Hirohito menandatangani dokumen penyerahan tanpa syarat di atas kapal USS Missouri pada 1945.


Seiring dengan waktu dan perkembangan zaman dengan segala perubahannya, ternyata tidak mudah lagi untuk mendefinisikan sebuah keadaan perang. Lihat saja bagaimana As dan sekutunya telah "berperang" selama hampir dua dekade, namun terkadang sulit untuk menjelaskan siapa, mengapa, atau bahkan di mana, serta apa yang terjadi?


Ini perubahan karakter perang saat ini, berfokus pada kecepatan, seperti "perang hiper", pencampuran taktik lama dan baru “perang hibrida". Perang hari ini bisa nonlinier, generasi keempat, generasi berikutnya, bahkan tanpa kontak. Landasan intelektualnya adalah wawasan Clausewitz bahwa meskipun perang bersifat abadi, karakternya berubah seiring waktu, ruang, struktur sosial, dan budaya. Fakta bahwa karakter perang bervariasi berarti bahwa aktor yang berbeda dapat menafsirkan, mengalami, dan, pada akhirnya, mengobarkan perang secara berbeda. 


Kemudian Dede juga menjelaskan bahwa pelatihan ini diselengarakan dengan tujuan agar para peserta pelatihan mengetahui, menambah wawasan dan memahami perkembangan dan perubahan pola karakter perang, sehingga bisa merancang metastrategi untuk memenangkan perang bila terjadi peperangan.


Sementara itu materi yang akan dibahas dalam pelatihan ini meliputi :

- Pengertian Perang (Definitions of War)

- Karakteristik Perang dan Penyebabnya

- Startegi dan Taktik

- Strategy & Grand Strategy

- Instruments of National Power

  (Diplomatic, Information, Military, Economic, Resolve)

- Level of War (Strategic, Operational, Tactical)

- Military Posture & Strategy


Informasi lebih lanjut hubungi :

- Bu Nuni : 0813-8330-7997

- Bu Lilis : 0878-3770-5505

- Bu Inez : 0813-2498-5928

- Pak Tata : 0815-7897-7777

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Iklan Disewakan

Laman