Prawita GENPPARI Jelaskan Peran Fotografi Dalam Promosikan Kepariwisataan - bregasnews.com - Koran Online Referensi Berita Pantura

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Jumat, 04 Februari 2022

Prawita GENPPARI Jelaskan Peran Fotografi Dalam Promosikan Kepariwisataan



Bregasnews.com - “ Pembahasan dalam memajukan kepariwisataan ada banyak pengetahuan dan keterampilan yang terkait, karena salah satu unsur pentingnya adalah mempromosikan potensi atau destinasi wisata tersebut agar dikenal oleh masyarakat luas sehingga diharapkan mereka mau datang untuk mengunjungi potensi atau destinasi wisata tersebut. Salah satu keterampilan yang harus dimiliki adalah seni fotografi agar bisa memotret setiap sudut tempat wisata sehingga menarik minat kunjungan wisatawan “, ujar Ketum DPP Prawita GENPPARI Dede Farhan Aulawi di Bandung, Kamis (3/2).


Menurutnya, dalam fotografi, setiap momen yang terlihat dapat dijadikan nyawa dari foto. Momen pada foto tampak menjadi hidup dan tidak biasa-biasa saja. Seperti salah satunya adalah decisive moment. Decisive moment atau saat paling menentukan foto dalam menekan tombol rana kamera. Fotografi itu merupakan seni melukis dengan cahaya, jadi faktor cahaya merupakan unsur terpenting dalam seni fotografi, karena untuk melakukan suatu pemotretan diperlukannya cahaya. Ujarnya.


Dalam penciptaan karya fotografi untuk mencapai sebuah karya fotografi yang bagus, selain perlu menekankan pada permainan komposisi dan teknis pemotretan seperti pemilihan objek, penggunaan pencahayaan yang tepat, penggunaan format gambar dengan tepat, pengolahan sudut pandang dan pemahaman dasar-dasar fotografi. Teknik-teknik yang digunakan tentunya melalui berbagai pertimbangan teknis pemotretan yang lebih berorientasi pada kemudahan praktis agar karya yang dihasilkan sesuai dengan konsep. Jadi jika konsepnya untuk mempromosikan objek wisata tersebut, maka gunakan teknis pemotretan yang berdampak pada lahirnya minat kunjungan wisatawan dengan mengambil spot pemotretan yang bagus.


Kemudian Dede juga menambahkan terkait dengan dasar - dasar fotografi sebagai landasan dalam mencipta sebuah karya fotografi. Menurutnya, dasar fotografi ini merupakan suatu point penting yang tidak dapat dipisahkan dalam mencipta sebuah karya fotografi, dimana ada empat unsur penting sebagai dasar fotografi, yaitu Pencahayaan, Efek Gerak, Fokus dan Ruang Tajam, serta Komposisi.


Banyak momen penting yang dilalui oleh setiap orang, baik momen pribadi maupun momen kebersamaan. Setiap momen yang terjadi tersebut tentu akan menjadi kenangan indah jika bisa  melibatkan sebuah disiplin ilmu yaitu ilmu fotografi. Jadi pengertian fotografi secara sederhana adalah proses untuk menghasilkan gambar foto melalui tindakan cahaya. Pola-pola cahaya yang dipantulkan atau dipancarkan oleh objek-objek direkam pada kamera. Menurut Amir hamzah, fotografi berasal dari dua kata yaiu foto dan grafi, foto artinya cahaya dan grafi artinya menulis jadi pengertian fotografi secara keseluruhan menulis dengan bantuan cahaya, atau lebih dikenal dengan menggambar dengan bantuan cahaya atau merekam gambar melalui media kamera dengan bantuan cahaya.


“ Selain untuk mengabadikan berbagai macam momen, ilmu fotografi juga berperan dalam berbagai bidang yang menunjang kehidupan seperti dalam bidang kepariwisataan. Dalam ilmu bidang kepariwisataan, fotografi berperan salah satunya untuk mempromosikan sebuah objek wisata yang mampi menarik minat kunjungan para calon wisatawan. Di Indonesia ini, sebenarnya banyak sekali tempat – tempat wisata yang indah, namun karena belum terpublikasi dengan baik melalui berbagai media fotografi sehingga banyak masyarakat yang belum mengetahuinya, maka praktis karena tidak tahu mereka tidak punya rencana untuk mengunjungi tempat tersebut. Disinilah peran seni fotografi menjadi sangat penting sekali dalam mempromosikan berbagai potensi dan destinasi wisata di tanah air “, pungkas Dede sesaat setelah melakukan aktivitas foro aneka bunga di halaman rumahnya. (red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Iklan Disewakan

Laman