DPC GAMKI Cimahi dan PC GP ANSOR Cimahi : Pentingnya Toleransi dengan semangat kolaborasi - bregasnews.com - Koran Online Referensi Berita Pantura

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Selasa, 01 Maret 2022

DPC GAMKI Cimahi dan PC GP ANSOR Cimahi : Pentingnya Toleransi dengan semangat kolaborasi




Bregasnews.com (Cimahi) - Selasa 01 Maret 2022,Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor bersama Dewan Pengurus Cabang Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) Kota Cimahi Menyelenggarakan Kegiatan Dialog Kebangsaan Dan Moderasi Beragama, Kegiatan ini dilaksankan di GPIB Imanuel Cimahi dengan total 75 peserta dialog kebangsaan. Peserta pada kegiatan ini melibatkan unsur pemuda dari berbagai agama turut hadir juga Kepala Kemenag Cimahi, PGIS Kota Cimahi, FKUB Kota Cimahi, DPD KNPI Kota Cimahi, beserta jajaran Pemerintah Kota Cimahi.


Pada pelaksanaannya kegiatan ini diawali pembukaan yang mana kegiatan ini buka langsung secara resmi Oleh Bapak  Letkol Inf. (Purn.) Ngatiana selaku Plt Walikota Cimahi yang dalam sambutannya beliau mengapresiasi kegiatan yang diselanggarakan oleh DPC GAMKI Cimahi dan PC GP Ansor Cimahi, karna pemuda sebagai generasi masa depan harus ikut serta mengawal kebhinekaan dan merawat toleransi beragama, dan dilanjutkan dengan Dialog Kebangsaan dan Moderasi Beragama yg di sampaikan oleh 4 narasumber yaitu Salman Faris S.Sy Selaku Ketua PC GP Ansor Kota Cimahi, Pranjani H.L Raja S.H Selaku Ketua DPC GAMKI Kota Cimahi, Bapak H Dudu Rohman S.Ag,M.Si Selaku Kepala Kemenag Cimahi dan Bapak H Muhammad Nuruzzaman selaku Stafsus Kemenag RI.



Dalam sesi dialog nya Salman Menyampaikan bahwa harus adanya doktrin yang seiring seirama antara kebangsaan dan keagamaan karena jika warga yang mempunyai komitmen terhadap kebangsaan di pastikan akan moderat dalam beragama begitupun sebaliknya.

Dilanjutkan oleh Pranjani H L Radja, menyampaikan bahwa dalam hal ini perlu perhatian yang jelas terkait makna toleransi yang seutuhnya itu seperti apa dan bagaimana implementasi yang diharapkan dari dasar negara Indonesia yaitu Pancasila,  jangan sampai kata toleransi itu hanya jargon belaka pada faktanya ada beberapa rumah ibadah yang perizinan nya masih dipersulit di Jawa Barat kemudian perlunya partisipasi pemuda lintas agama dalam menjaga dan menontrol jalannya pemerintahan yang toleran terhadap hak asasi manusia.  


Kemudian H. Dudu Rohman, S.Ag.,M.SI selaku Kepala kemenag Kota Cimahi sangat mengapresiasi DPC GAMKI Cimahi dan PC GP Ansor Cimahi yang telah menyelenggarakan Dialog Kebangsaan dan Moderasi Beragama, dalam hal ini menjadi sarana informasi bagi masyakarat di Kota Cimahi, penguatan pemahaman kebangsaan sebagai upaya menciptakan sikap yang anti terhadap sikap radikalisme dan intoleran dalam menjaga nilai pancasila ditengah kehidupan bermasyarakat dan bernagara. 


Terkahir pemaparan dari Muhammad Nuruzzaman selaku Stafsus Kemenag RI yang menyampaikan dengan gamblang terkait konsep dan peta jalan moderasi beragama dan komitmen kebangsaan, Kementrian Agama RI bukanlah milik salah satu agama melainkan milik setiap umat beragama di Indonesia yang artinya setiap orang berhak mendapatkan hak yang sama, toleransi antar umat beragama itu bukan sebatas menghargai dan menghormati namun ikut berperan dan bekerjasama dalam menjaga pancasila sebagai dasar negara di Indonesia.


Diakhir Kegiatan salman dan pranjani menyampaikan bahwa kegiatan ini pun terlaksana atas dasar komitmen merawat dan memberikan contoh toleransi antara Organisasi GP Ansor yg berazas agama Islam dan GAMKI yg berazas agama Kristen. Semoga kota tercinta kita ini Cimahi bisa selalu dalam keadaan yang kondusif dan aman sehingga warga nya hidup berdampingan dengan rukun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Iklan Disewakan

Laman