Pelatihan “STRATEGI DAN SUPERVISI PENGAMANAN OPERASI INTELIJEN” - bregasnews.com - Koran Online Referensi Berita Pantura

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Kamis, 07 April 2022

Pelatihan “STRATEGI DAN SUPERVISI PENGAMANAN OPERASI INTELIJEN”




Dasar Pemikiran

Bregasnews.com - Setiap perencanaan dan pelaksanaan suatu program pada dasarnya memerlukan kegiatan ‘supervisi’ guna memastikan bahwa pelaksanaan sesuai dengan perencanaan, dan tidak terjadi deviasi di lapangan. Terlebih untuk operasi yang bersifat rahasia seperti kegiatan intelijen tentu sangat diharapkan adanya supervisi yang dilakukan oleh orang yang memang ahli dan piawai dalam melakukannya. Hal ini bukan soal senioritas atau jabatan yang lebih tinggi semata, melainkan penerapan ilmu, seni dan pengalaman dalam melakukan pengawasan di bidangnya. Salah satunya tentang kompetensi dalam memahami metode dan teknik dalam supervisi.


Penggunaan istilah supervisi berasal dari dua kata, yaitu “super” dan “vision”. Super berarti “higher in rank or position than, superior to (superintendent), a greater or better than others”. Sedangkan kata vision berarti “the ability to perceive something not actually visible, as through mental acutness or keen foresight “. Dengan demikian diperlukan seorang supervisor yang profesional ketika menjalankan tugasnya, dimana ia bertindak atas dasar kaidah-kaidah ilmiah untuk meningkatkan mutu operasi intelijen. Ia harus memiliki kelebihan yang dapat melihat dengan tajam terhadap permasalahan keamanan yang sedang berkembang dan memiliki sensitivitas keamanan operasi yang tinggi. Kemudian menggunakan kepekaan untuk memahami situasi ‘kritis’ dan tidak hanya sekedar menggunakan penglihatan mata biasa, sebab yang diamatinya bukan masalah kongkrit yang tampak saja, melainkan memerlukan insight dan kepekaan mata batin.


*Tujuan*

Pelatihan ini diselenggarakan dengan tujuan untuk mengasah dan meningkatkan kemampuan dan keterampilan dalam melakukan supervisi pengamanan dalam operasi – operasi intelijen maupun kontra intelijen, sehingga terlahir para “Supervisor” operasi yang terampil dan profesional. Hal ini tentu sangat penting guna memastikan keamanan dan kesesuaian antara rencana dan pelaksanaan operasi sehingga menjamin keberhasilan misi yang diemban.


*Subjek Pembahasan*

- Landasan Teoritik Supervisi Pengamanan Operasi

- Metode dan Teknik Supervisi

- Misi, Visi, Orientasi Dan Strategi Supervisi

- Keterampilan Teknik dalam Supervisi Pengamanan

- Kompetensi Supervisor 

- Contoh Kasus Supervisi


*Informasi lebih lanjut hubungi :*

- Bu Nuni : 0813-8330-7997

- Pak Tata : 0815-7897-7777

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Iklan Disewakan

Laman