Pelatihan : TATA KELOLA WILAYAH PERBATASAN NEGARA (BORDER MANAGEMENT) - bregasnews.com - Koran Online Referensi Berita Pantura

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Jumat, 14 Oktober 2022

Pelatihan : TATA KELOLA WILAYAH PERBATASAN NEGARA (BORDER MANAGEMENT)



Dasar Pemikiran

Bregasnews.com - Wilayah perbatasan darat dan lautmemiliki potensi sumber daya alam yang sangat besar dan merupakan wilayah yang sangat strategis untuk pertahanan dan keamanan negara. Namun, pembangunan di beberapa wilayah masih tertinggal dibandingkan dengan negara-negara tetangga. lsu-isu strategis yang ada di daerah perbatasan meliputi aspek-aspek pertahanan, keamanan, dan penegakan hukum, infrastruktur, pengaturan, ekonomi dan layanan sosial.

Peraturan dan lembaga yang mengatur pengelolaan wilayah perbatasan negara dikoordinasikan oleh BNPP, perlu diperkuat terutama pada pemerintah daerah. Semua program untuk menangani berbagai masalah perbatasan memerlukan manajemen yang baik dan efisien untuk mendorong pengembangan kawasan perbatasan negara yang terintegrasi.

Kebijakan dan strategi untuk mengelola kawasan perbatasan harus mampu merespons kondisi aktual dengan melihat berbagai masalah yang ada. Permasalahan yang dihadapi oleh wilayah perbatasan adalah terisolasinya wilayah perbatasan, kerentanan pertahanan dan keamanan di perbatasan, pengelolaan sumber daya alam masih kurang optimal, dan rendahnya kualitas dan kuantitas sumber daya manusia. Pembangunan perlu dilakukan dengan mengedepankan pendekatan kesejahteraan (welfare approach), pendekatan lingkungan (sustainable environment approach), dan pendekatan keamanan (security approach).


*Tujuan Pelatihan*

Pelatihan ini diselenggarakan dengan tujuan untuk melihat berbagai permasalahan dalam pengelolaan dan pengembangan wilayah perbatasan Indonesia, dengan merujuk pada Peraturan Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) No.1/2011 tentang Desain Besar Pengelolaan Batas Wilayah Negara dan Kawasan Perbatasan Tahun 2011-2014, serta Peraturan BNPP No.112015 tentang Rencana lnduk Pengelolaan Perbatasan Negara 2015-2019.


*Subjek Pembahasan*

- Indonesia Sebagai Negara Maritim

- Pengelolaan Batas Wilayah Negara dan Kawasan Perbatasan

- Isu Strategis Pengembangan Wilayah Perbatasan

- Pendekatan Kesejahteraan, Keamanan dan Lingkungan

- Permasalahan Pembangunan Kawasan Perbatasan Darat

- Permasalahan Pembangunan Kawasan Perbatasan Laut

- Rencana Induk Pengelolaan Perbatasan Negara

- Sistem Penataan Ruang Wilayah Perbatasan

- Isu Strategis Kelembagaan Pengelolaan Perbatasan Negara

- Dasar Hukum Kebijakan dan Strategi Lokasi Prioritas

- Kondisi Aktivitas Lintas Batas

- Kondisi Pertahanan dan Keamanan Perbatasan Indonesia



*Informasi lebih lanjut hubungi :*

- Pak Tata : 0813-9466-0000

- Bu Ines : 0813-2498-5928

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Iklan Disewakan

Laman