Aspal Sempat Rusak Akibat Genangan Air, Ruas Jalan Pejagan Kembali Diperbaiki - bregasnews.com - Koran Online Referensi Berita Pantura

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Sabtu, 11 Februari 2023

Aspal Sempat Rusak Akibat Genangan Air, Ruas Jalan Pejagan Kembali Diperbaiki



Bregasnews.com - Kondisi jalan nasional yang ada di Desa Pejagan, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Brebes kembali rusak. Padahal jalan tersebut baru saja dilakukan perbaikan pada akhir tahun 2022 lalu. 


Atas kerusakan itu pihak Bina Marga menyebut kalau upaya perbaikan terhadap kerusakan jalan nasional di Pejagan saat ini sudah dilakukan oleh pihak kontraktor. 

Deny Wihatjito Kepala Bina Marga PPK 1.4 saat di
 wawancarai dikantornya, kamis (9/2/2023)


"Di lapangan saat ini sedang dilakukan perbaikan kembali oleh pihak kontraktor," ujar Kepala Bina Marga PPK 1.4 Deny Wiharjito ditemui di kantornya, Kamis 9 Februari 2023.


Ia mengaku, pihak kontraktor bertanggung jawab atas kerusakan yang terjadi di ruas Pejagan. Proyek tersebut, lanjut dia, merupakan kegiatan darurat yang dilakukan untuk mendukung kelancaran lalu lintas saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022.


Dijelaskan, pekerjaan pengaspalan sendiri dilaksanakan oleh PT. NHR yang beralamat di Kabupaten Tegal. Selain mengerjakan di ruas Pejagan, pekerjaan yang sama juga ada di ruas Jembayat, Kabupaten Tegal. 


"Untuk pekerjaan di mulai Tanggal 20 Desember 2022, dengan waktu pengerjaan selama tujuh hari. Hanya saja karena ada yang rusak, pihak kontraktor kemudian melakukan perbaikan. Karena memang masih dalam masa pemeliharaan,"terang Deny. 


Lebih lanjut ia menyebut, kerusakan yang terjadi di ruas Pejagan lebih disebabkan karena faktor alam. Hujan yang turun selama tiga hari berturut-turut, menyebabkan terjadinya genangan air di badan jalan. Ditambah, saluran drainase disisi jalan tidak berfungsi normal. 


Tidak cukup itu saja, lanjut Deny, volume kendaraan yang meningkat, akibat pengalihan arus dari ruas pantura juga menjadi pemicu rusaknya aspal jalan. "Setelah dilakukan cek lapangan, kerusakan disebabkan karena ada jenuh air di badan jalan, ditambah banyaknya kendaraan yang melintas. Bukan karena kualitas aspalnya yang jelek,"tegas dia. 


Dan untuk menangani permasalahan itu, perbaikan kemudian tidak cukup di tutup aspal kembali, melainkan di bongkar hingga kedalaman tertentu. Bahkan melalui unsur pimpinan, pihak Bina Marga juga sudah berkordinasi dengan BBWS, agar saluran drainase yang ada di sisi ruas Pejagan bisa segera diperbaiki. (tris)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Iklan Disewakan

Laman