Pusdiklat Prawita GENPPARI Gelar Pelatihan 1 hari : ” Dimetrikal Pemikiran dan Sikap ALTRUISME “ - bregasnews.com - Koran Online Referensi Berita Pantura

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Minggu, 11 Juni 2023

Pusdiklat Prawita GENPPARI Gelar Pelatihan 1 hari : ” Dimetrikal Pemikiran dan Sikap ALTRUISME “



Dasar Pemikiran

Altruisme merupakan suatu sikap atau naluri dimana seseorang memperhatikan dan mengutamakan kepentingan dan kebaikan orang lain di atas kepentingan dirinya. Altruisme sendiri berkebalikan sifatnya dengan sifat egois yang lebih mementingkan diri sendiri dibanding kepentingan orang lain. Seseorang yang melakukan altruisme disebut juga sebagai altruis. Segala kebaikan yang dilakukan oleh seorang altruis biasanya muncul secara tulus tanpa adanya rasa pamrih di dalamnya. Meski demikian sikap ini sangat terpuji serta dapat berdampak positif terhadap masyarakat luas, altruisme sendiri juga dapat berdampak buruk terhadap seseorang jika dilakukan secara berlebihan.

Altruisme dapat menjadi keadaan pikiran sesaat atau menjadi perilaku permanen dan value hidup seseorang. Pada intinya altruisme merupakan suatu pikiran yang baik dan didorong oleh perasaan prihatin terhadap orang lain. Kepedulian besar yang dimiliki seseorang untuk mensejahterakan kehidupan orang lain, serta dalam beberapa kasus tertentu, ditemukan bahwa perilaku ini dapat membahayakan Kesehatan dan kesejahteraan dirinya sendiri. Sebab bahwa hal yang berlebihan tak akan berdampak baik, begitu juga dengan perilaku ini.


*Tujuan*

Pelatihan ini diselengarakan dengan tujuan untuk membekali para peserta dengan pengetahuan dan keterampilan tentang desain konstruktif ALTRUISME sehingga dalam penerapannya tidak berlebihan dan ada konsep penyeimbang secara harmonik.


*Subjek Pembahasan*

- Pengertian Altruisme

- Teori Altruisme (Evolusi, Lingkungan, Norma Sosial, Penghargaan)

- Mengapa Seseorang Selalu Bersikap Baik

1. Respon Otak, Lingkungan, dan Norma Sosial

2. Imbalan secara Kognitif dan Empati

3. Membantu Meredakan Perasaan Negatif

- Altruisme Hukum Kepedulian Terhadap Penyandang Disabilitas

- Psychology of Money

- Psikologi Kepribadian

- Psikologi Perkembangan Anak


*Informasi lebih lanjut terkait pelatihan ini dapat menghubungi :*

- Bu Ria : 0813-9555-2289

- Bu Ines : 0813-2498-5928

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Iklan Disewakan

Laman