Pusdiklat Prawita GENPPARI Gelar Pelatihan 1 hari : ” Keterampilan Trauma Healing “ - bregasnews.com - Koran Online Referensi Berita Pantura

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Senin, 12 Juni 2023

Pusdiklat Prawita GENPPARI Gelar Pelatihan 1 hari : ” Keterampilan Trauma Healing “

 


Dasar Pemikiran

Setiap orang tentu berharap dalam kehidupan selalu aman dan selamat. Namun segala kemungkinan bisa saja terjadi tanpa bisa diperkirakan sebelumnya, sehingga tidak sedikit orang yang mengalami trauma atas kejadian – kejadian yang dinilai mengerikan seperti kecelakaan, pemerkosaan, pembunuhan atau berbagai peristiwa bencana alam. Setelah mengalami salah satu dari peristiwa ini, seseorang cenderung penuh dengan keterkejutan dan penolakan. Reaksi jangka panjang dapat mencakup emosi yang tidak terduga, kilas balik, hubungan yang tegang, dan bahkan gejala fisik seperti sakit kepala dan mual. 

American Psychological Association menyebutkan bahwa trauma adalah respons emosional korban terhadap peristiwa yang mengerikan. Korban bisa sangat terkejut dan penuh penolakan pada awalnya. Selain itu korban akan mengalami dampak jangka panjang, seperti emosi yang tidak terduga, perasaan tegang, gejala fisik, atau gejala aneh lainnya. Tidak jarang, bahkan gejala tersebut sangat mengganggu aktivitas keseharian para korban. Untuk itulah diperlukan adanya keterampilan teknis yangberkaitan dengan metode perawatannya, yaitu penyembuhan trauma atau trauma healing.


*Tujuan*

Pelatihan ini diselengarakan dengan tujuan untuk membekali para peserta dengan pengetahuan dan keterampilan dalam melakukan Trauma Healing sehingga bisa membantu atau diperbantukan dalam menangani kasus – kasus yang berimplikasi trauma pada korbannya.


*Subjek Pembahasan*

- Mengenal Trauma Healing

- Fase Trauma Healing

1. Keamanan dan Stabilitas

2. Ingat dan Terima

3. Rekonstruksi Hubungan

- Metode Trauma Healing

1. Farmakoterapi

2. Terapi Perilaku

3. Terapi Perilaku Kognitif (CBT)

4. Terapi EMDR

5. Hypnosis

6. Terapi Psikodinamik

7. Terapi Kelompok


*Informasi lebih lanjut terkait pelatihan ini dapat menghubungi :*

- Bu Ria : 0813-9555-2289

- Bu Ines : 0813-2498-5928

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Iklan Disewakan

Laman