Pelatihan 2 hari : ”RISK ASSESMENT IN LAW ENFORCEMENT” - bregasnews.com - Koran Online Referensi Berita Pantura

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Sabtu, 08 Juli 2023

Pelatihan 2 hari : ”RISK ASSESMENT IN LAW ENFORCEMENT”



(Penilaian Resiko Dalam Setiap Tindakan Penegakan Hukum)


Dasar Pemikiran

Setiap hari manusia selalu dihadapkan pada pilihan untuk mengambil suatu keputusan. Dimana masing – masing pilihan tentu memiliki resikonya masing – masing. Bekerja ada resikonya, tidur ada resikonya, olah raga ada resikonya, bahkan sekedar jalan – jalanpun pasti ada resikonya. Apalagi bagi aparat yang bekerja di institusi penegak hukum, resiko merupakan sebuah fakta yang akan dihadapi di setiap harinya. Selalu ada yang puas dan selalu ada yang tidak puas dengan upaya penegakan hukum yang sejatinya berkeadilan dengan penuh kejujuran. 


Ada resiko keselamatan diri dan keluarga, ada resiko reputasi , ada resiko cacian dan hinaan, dan ada resiko dari setiap pilihan tindakan atas situasi di lapangan yang menuntut keputusan cepat bahkan spontan. Semua ada resiko yang diambil dan pada akhirnya harus berani mengambil keputusan dengan segera pada saat itu juga. Hal ini senada dengan ucapan Pakar Manajemen Resiko Kepolisian Gordon Graham saat berpidato di International Association of Chiefs of Police yang mengatakan bahwa semua yang dilakukan baik dalam kehidupan sehari - hari maupun penegakan hukum pasti ada resikonya ”. Saat mempekerjakan orang ada resikonya. Saat memecat orang, ada risikonya. Saat mengedaraikendaraan ada resikonya, dan saat merawat kendaraan pun ada resikonya. Semua beresiko. Bagi aparat kepolisian resiko tersebut akan semakin besar jika gagal dalam melakukan kalkulasi resiko saat mengambil keputusan spontan. Apalagi jika protokol manajemen risiko belum dijalankan sepenuhnya.


Dengan demikian maka pemahaman anggota terhadap manajemen resiko dalam penegakan hukum  sangatlah penting. Baik untuk keselamatan petugas itu sendiri, maupun keselamatan publik. Baik saat di kantor ataupun saat melaksanakan tugas operasional di lapangan. 


*Tujuan*

Pelatihan ini diselenggarakan dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman terhadap manajemen resiko dalam melaksanakan penegakan hukum, sehingga bisa meminimalisir segala kemungkinan resiko yang bisa terjadi. Terlatih berfikir dan bertindak dengan cepat dan tepat secara kognitif dan intuitif.


*Subjek Pembahasan*

- Risk Management Fundamentals

- Type of Risk

- Life and Safety Risk

- Risk of Litigation

- Technology Risks

- Social Media Risks

- External Risks

- Internal / Organizational Risks

- Risks ‘Lying in Wait’

- Recruiting and Hiring the Right People

- Developing Appropriate Systems

- Police-Community Relations

- Use of force

- Officer Safety and Wellness

- Education Relates to Risk Management

- Recommendation on Risk Management


*Informasi lebih lanjut terkait pelatihan ini dapat menghubungi :*

- Bu Ria : 0813-9555-2289

- Bu Ines : 0813-2498-5928

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Iklan Disewakan

Laman