PSDA Pemali Comal Dan Dewan Gelar Sosialisasi PPM Tentang Irigasi - bregasnews.com - Koran Online Referensi Berita Pantura

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Sabtu, 08 Juli 2023

PSDA Pemali Comal Dan Dewan Gelar Sosialisasi PPM Tentang Irigasi




Bregasnews.com - Balai Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Pemali Comal bersama dewan propinsi dapil XII  Jateng telah menggelar kegiatan sosialisasi peningkatan partisipasi masyarakat (PPM) tentang pengelolaan irigasi tahun 2023.
Kegiatan yg dilaksanakan di balai desa Terlangu, kecamatan Brebes (7/7) cukup mendapat apresiasi dari para peserta yang hadir yang notabene para petani.



Tampak hadir pada acara tersebut H.Wahyudin Noor Aly (Goyud) yang merupakan ketua Fraksi PAN DPRD Jateng , Drs H.Masfui Fraksi Golkar Propinsi, Camat Brebes, Kades Terlangu, dan Sigit dari PSDA Pemali Comal.


H.Wahyudin Noor Aly (Goyud) mengatakan bahwa kabupaten Brebes adalah mayoritas pertanian. bagaimana caranya agar pertanian di Brebes bisa lebih maju lagi dan berkembang, sehingga kesejahteraan masyarakat akan semakin meningkat. Yaitu salah satunya dengan tersedianya sarana saluran irigasi serta pengelolaan air yang baik untuk persawahan. Sebenarnya Brebes bisa lebih maju dari daerah lain karena Brebes mempunyai dua waduk yaitu penjalin dan malahayu.


"Harusnya Brebes pertanianya lebih maju sebab punya dua waduk, coba lihat di Pemalang tidak punya waduk namun pengairan bisa lancar dan pertaniannya maju. Ini menjadi persoalan apakah di Brebes sarana saluran irigasinya yang tidak jalan, atau sistem pengelolaanya yang belumaksimal"ujarnya.


Goyud mengajak kepada masyarakat agar bareng bareng bisa menjaga dan mempunyai rasa memiliki dalam menjaga dan memelihara saraluran irigasi agar bisa bermanfaat semaksimal mungkin.


Pada sesi tanya jawab Harjo selaku Gapoktan desa Terlangu menyampaikan keluhan tentang sulitnya mendapatkan dan membeli pupuk dengan menggunakan kartu tani.


Demikian juga hal yg sama dikeluhkan oleh petani desa Kalimati kecamatan Brebes, tentang kesulitan mendapatkan anggaran untuk memperbaiki sarana saluran irigasi yang sudah rusak, sehingga air yang mengalir tidak mencapai areal sawah, air terbuang karena saluran irigasi yang rusak.


Dengan adanya persoalan persoalan tersebut Goyud dan teman teman Dewan di propinsi akan menampung semua aspirasi dari para petani, dan akan memperjuangkan dan mengawal untuk mengusulkan peningkatan anggaran dibidang pertanian.(rofik)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Iklan Disewakan

Laman