Ketika Prawita GENPPARI Bicara Peluang dan Pengembangan Wisata Kuliner - bregasnews.com - Koran Online Referensi Berita Pantura

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Senin, 20 November 2023

Ketika Prawita GENPPARI Bicara Peluang dan Pengembangan Wisata Kuliner



Bregasnews.com - “ Potensi wisata Indonesia memiliki keragaman jenis yang sangat bervariatif, karena di samping ditunjang oleh keragaman alam, kreativitas masyarakatnya, juga keragaman hayati dan aneka rempah tradisional. Hal ini tentu menjadi peluang bagi para pencari cita rasa alias peminat wisata kuliner. Dengan demikian kesempatan dalam mengembangkan potensi wisata kuliner di tanah air bisa sangat bervariatif “, ujar Ketum DPP Prawita GENPPARI Dede Farhan Aulawi di Bandung, Minggu (19/11).


Hal tersebut ia sampaikan saat ditemui di Fella Cafe jalan Riau – Bandung. Tampak beberapa pengurus lainnya juga hadir untuk menikmati wisata kuliner yang cukup favorit di kota Bandung karena letaknya sangat strategis dan mudah dijangkau kendaraan. Menurutnya, konsep dasar pengembangan pariwisata seyogyanya menghadirkan sejumlah manfaat bagi perekonomian masyarakat. Disinilah perlu adanya kerjasama semua pihak terkait untuk menciptakan keadaan yang memberikan manfaat bagi pengembangan wisata. 


Menurutnya, pariwisata dapat diartikan sebagai sebuah industri yang didalamnya terdapat beberapa komponen, seperti atraksi wisata, aksesibilitas, amenity atau fasilitas dan ancillary atau organisasi yang mengurus kepariwisataan. Ada banyak bidang peminatan bagi setiap wisatawan, karena satu dengan yang lainnya bisa jadi memiliki bidang peminatan yang berbeda – beda. Salah satu daya tarik dalam berwisata adalah wisata kuliner. Wisata kuliner adalah wisata yang berfokus kepada atraksi kuliner, termasuk didalamnya food and beverage yang menjadi salah satu segmen dari pariwisata. 


Itulah sebabnya kota Bandung menjadi kota tujuan wisata favorit di Indonesia karena mampu menghadirkan dan menyuguhkan banyak alternatif wisata kuliner. Wisata kuliner sendiri tersedia dalam berbagai format seperti jajanan kuliner, restoran, buku masak, petunjuk makanan dan resep-resep adaptasi makanan mulai dari bahan-bahan dasar hingga tampilannya. Wisata kuliner tidak hanya meliputi proses produksi dan persiapan saja, namun juga mencirikan pada kekhasan unsur budaya dari makanan tersebut dan orang yang terlibat dalam proses produksi serta akses untuk dapat menikmati makanan tersebut. 


“ Konsep dasar Wisata Kuliner, yaitu rekreasi berkenaan dengan tersedianya makanan serta minuman di daerah tujuan wisata. Untuk itu para wisatawan pecinta kuliner biasanya selalu mencari dan mencoba aneka makanan atau minuman khas di tempat tersebut. Wisata kuliner dipahami sebagai perjalanan wisata yang memuat aktivitas konsumsi sajian lokal dari suatu daerah, yang bertujuan untuk menikmati makanan serta minuman ataupun melakukan kunjungan atas aktivitas kuliner, misalnya sekolah memasak, melakukan kunjungan pada pusat industri makanan serta minuman dan untuk memperoleh pengalaman yang berbeda saat melakukan konsumsi makanan serta minuman khas-nya “, pungkas Dede.***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Iklan Disewakan

Laman