Bersama Karang Taruna, Masyarakat Desa Karangsambung Mengirim Bantuan untuk Banjir di Brebes - bregasnews.com - Koran Online Referensi Berita Pantura

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Kamis, 29 Februari 2024

Bersama Karang Taruna, Masyarakat Desa Karangsambung Mengirim Bantuan untuk Banjir di Brebes




Bregasnews.com - Hujan deras di musim penghujan menjadi penyebab musibah banjir kembali melanda.


Meluapnya sungai Pemali, Kabupaten Brebes, menyebabkan sedikitnya di 7 kecamatan terendam banjir, diantaranya, Kecamatan Larangan, Bantarkawung, Salem, Jatibarang, Wanasari, Brebes, serta Kecamatan Songgom.



Atas dasar tersebut, masyarakat Desa Karangsambung terdorong untuk melakukan aksi pengumpulan donasi kemanusiaan bagi korban yang terdampak bencana banjir.


Aksi ini disiasati oleh Karang Taruna Tunas Mekar Desa Karangsambung yang diikuti beberapa stakeholder yang ada di lingkungan Desa Karangsambung, yang diantaranya; Pemerintahan Desa Karangsambung, Babinsa Desa Karangsambung, PKK Desa Karangsambung, Ikatan Remaja Masjid Jami' At-taqwa, Ranting NU Desa Karangsambung, Ranting Pemuda Pancasila Desa Karangsambung , Yayasan Gerakan Peduli Desa Karangsambung, Paguyuban Grapikh Cihoe, Paguyuban Gampil, Fatayat Desa Karangsambung, serta seluruh elemen masyarakat Desa Karangsambung.



Bukan tanpa alasan, aksi ini dilatarbelakangi oleh pengalaman tahun 2018 silam, dimana masyarakat Desa Karangsambung pernah terdampak banjir yang cukup besar.


Kepala Desa Karangsambung, Kosim mengatakan "Kita sama-sama pernah merasakan bagaimana rasanya terdampak banjir pada tahun 2018, aksi ini merupakan bentuk solidaritas dan empati kami terhadap para korban bencana banjir".


Dari hari Selasa (27/2) dan hari Rabu (28/2), masyarakat bahu-membahu mengumpulkan segala macam bentuk bantuan, ada yang berupa materi, pakaian bersih layak pakai, obat-obatan medis, dan makanan siap makan maupun cepat saji, yang seluruhnya dikumpulkan di satu titik posko donasi Desa Karangsambung.


Dari donasi yang terkumpul, seluruhnya dibelanjakan untuk kebutuhan pokok para korban banjir, antara lain; nasi bungkus sebanyak 1.500 bungkus, mie instan sebanyak 15 dus, roti sebanyak 360 bungkus, peralatan kebersihan, dan juga obat-obatan medis.


"Alhamdulillah, berkat kerjasama dari berbagai stakeholder dan juga seluruh elemen masyarakat Desa Karangsambung, donasi yang terkumpul mencapai Rp 7.500.000,-, kami membentuk *Dapur Bersama* sejumlah 3 titik dengan melibatkan ibu-ibu PKK dalam pembuatan nasi bungkus dengan jumlah 1500 bungkus, kemudian seluruhnya kami alokasikan untuk makanan instan, air mineral, obat-obatan serta alat kebersihan yang akan disalurkan kepada korban bencana banjir. Inilah salah satu bentuk kepedulian kita terhadap sesama dan semoga apa yang kami berikan dapat bermanfaat untuk para korban" Ujar Ketua Karang Taruna Tunas Mekar Desa Karangsambung, Jidan Jainudin.


Selanjutnya, Relawan Desa Karangsambung menyerahkan langsung kepada daerah terdampak pada hari Kamis (29/2), dengan membagikannya secara langsung kepada warga di daerah tersebut. 


"Terima kasih atas kepedulian dari masyarakat Desa Karangsambung yang telah memberikan bantuan kepada kami, alhamdulillah kami merasa sangat bersyukur dan apa yang diterima oleh kami semuanya bermanfaat, semoga semua kepedulian dan kebaikan masyarakat di sana dapat digantikan oleh Allah SWT. menjadi ladang amal, Aamiin" ucap salah satu warga, Joko (53th).


Aksi kami juga melibatkan Karang Taruna Kabupaten dan Karang Taruna Kecamatan Brebes yang mengarahkan dan ikut terjun langsung dalam pendistribusian bantuan ke daerah terdampak.


"Ini merupakan bentuk nyata bahwa Karang Taruna selalu hadir dalam aksi-aksi sosial kemasyarakatan dan mempunyai sikap tanggap bencana" Ujar Ketua Harian Karang Taruna Kabupaten, Aji Jumantoro".***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Iklan Disewakan

Laman