Bupati Tunjuk Langsung Dandim 0713/Brebes Sebagai Ketua Penanggulangan Banjir Di Brebes - bregasnews.com - Koran Online Referensi Berita Pantura

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Sabtu, 18 Februari 2017

Bupati Tunjuk Langsung Dandim 0713/Brebes Sebagai Ketua Penanggulangan Banjir Di Brebes


Bregasnews.com - Dandim 0713/Brebes Letkol Inf Ahmad Hadi Hariono ditunjuk sebagai Ketua penanggulangan bencana alam banjir pada Rakor Darurat Penangulangan Banjir Di Wilayah Brebes oleh Bupati Brebes. Kamis 16 Februari 2017 malam, bertempat di Pendopo Bupati Brebes.

Dalam Rakor tersebut disusun kepanitiaan dalam rangka penanggulangan banjir yang melibatkan seluruh instansi terkait Pemkab Brebes dibantu oleh Kodim 0713/Brebes, Polres Brebes, Basarnas Jateng dan relawan dari Tim SAR Brebes.

Hadir dalam Rakor tersebut antara lain Bupati Brebes Hj. Idza Priyanti, SE (Penangung Jawab), Dandim 0713/Brebes Letkol Inf Ahmad Hadi Hariono (Ketua Penangulangan Banjir), Kapolres AKBP yang diwakili Kabagops Polres Brebes Kompol Supriadi, Jajaran Forkopimda Kab. Brebes atau yang mewakili, Kasatpol PP Kabupaten Brebes Drs. Budi Darmawan, M.Si, Seluruh OPD Kab. Brebes atau yang mewakili, Pasiops Kodim 0713/Brebes Kapten Inf Wajirin, Tim Basarnas Jateng, Tim SAR Brebes, PMI, Dinas Sosial, 

Dinas Kesehatan, Dokkes Polres Brebes serta seluruh komponen dan instansi terkait lainnya.
Dalam kesempatannya Dandim 0713/Brebes menyampaikan permohonan maaf karena terlambat menghadiri rapat koordinasi tersebut dikarenakan masih mengecek di lokasi banjir dan didapati masih banyaknya masyarakat yang belum mau dievakuasi ketempat yang telah disediakan.

Dia khawatir karena sore hari terjadi hujan yang cukup deras sehingga dikhawatirkan akan adanya banjir susulan yang membahayakan warga yang belum mau mengungsi. Dandim mengajak untuk berdoa semoga malam/dini hari (16/17 02 2017) tidak terjadi hujan kembali sehingga warga yang masih berdiam di rumah masing-masing tidak terjadi apa-apa.

Dandim juga mengucapkan terima kasih kepada Bupati dan seluruh pihak terkait yang telah mempercayakan kepadanya sebagai ketua penanggulangan banjir wilayah Brebes. Dia menyampaikan, itu merupakan suatu amanah yang besar dari seluruh masyarakat Brebes dalam mengatasi musibah banjir tersebut.

Ia  mengajak kepada seluruh pihak untuk bahu-membahu dan bekerjasama dengan ikhlas melaksanakan amanah seluruh masyarakat Brebes. Dandim  juga menyampaikan kepada Bupati bahwa masyarakat yang bersedia mengungsi yang ditemuinya dalam rutinitas pengecekan lokasi banjir belum makan.

Sedangkan ditempat pengungsian, menurut dia, hampir separuh lebih masyarakat yang mengungsi belum makan. Ia  juga sudah berkoordinasi dengan Dantebek Slawi dalam rangka mengedrop alat-peralatan dapur lapangan untuk memasak  makanan bagi para pengungsi banjir, dan diharapkan subuh sudah bisa mulai memasak sehingga besok (17/02/2017) para pengungsi sudah mendapatkan makanan yang lebih baik.

Dia  juga yakin bahwa rekan-rekan dari OPD Kabupaten  Brebes, PMI dan Dinas Sosial juga mempunyai peralatan dapur umum tersebut sehingga ia mengajak untuk bersama-sama bahu-membahu menggelar dapur umum tersebut. Sampai dengan pelaksanaan Rakor tersebut menurut data ada kurang lebih 1.200 pengungsi yang tersebar dibeberapa tempat antara lain (di GOR Karang Birahi, Gedung DPRD dan beberapa tempat lainnya).

Minimal besok, kata dia, semua menyiapkan 2000-2500 bungkus nasi dan itu belum termasuk warga yang masih tinggal wilayah banjir dan belum bersedia dievakuasi.

Sementara, Bupati Brebes, dalam kesempatan yang sama meminta kepada seluruh pihak yang telah ditunjuk dalam organisasi penanganan banjir untuk bekerja menurut fungsi dan tugasnya masing-masing mulai saat itu juga, dikarenakan bahaya banjir dan kelaparan mengancap masyarakat Brebes setiap saat.

Setelah pelaksanaan Rakor tersebut Bupati Brebes yang didampingi seluruh Forkopimda serta dinas terkait mengunjungi tempat pengungsian banjir guna melihat secara langsung masyarakat ditempat pengungsian, apa-apa saja yang dibutuhkan serta membagi-bagikan makanan, selimut, pakaian pantas pakai dan lain-lain.(Tris)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Iklan Disewakan

Laman