Pangdam IV/DIP : Tantangan Kedepan Makin Berat, Kemampuan Prajurit Terus Update - bregasnews.com - Koran Online Referensi Berita Pantura

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Minggu, 30 April 2017

Pangdam IV/DIP : Tantangan Kedepan Makin Berat, Kemampuan Prajurit Terus Update


Bregasnews.com - Demikian penegasan Pangdam IV/Dip Mayjen TNI Tatang Sulaiman dalam jumpa pers usai upacara penutupan latihan  pembentukan Yonif 408/Raider, Rabu (26/4) di lapangan Amirul Isnaini Pangkalan Kopassus Daun Lumbung Jl.Veteran Cilacap.

Dikatakannya, bahwa kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kualifikasi dari Batalyon biasa menjadi Batalyon Raider 408/Raider yang diikuti 640 prajurit dan telah dilantik menjadi prajurit raider setelah menempuh latihan selama tiga bulan dengan latihan di hutan, gunung, rawa dan laut sesuai kemampuan.

Prajurit tersebut dilatih, menurutnya, agar mempunyai kemampuan raid, pembebasan, penghancuran, mobil udara dan lainnya. Apa yang kita lakukan ini, karena kita paham bahwa tantangan kita kedepan semakin berat, lingkungan strategis berubah, karenanya dengan melihat hal tersebut kemampuan prajurit terus kita update sesuai program TNI AD yang akan terus melakukan upgrade kemampuan Batalyon Infanteri menjadi Batalyon Raider diseluruh Indonesia.

Pada kesempatan yang sama, Pangdam IV/Dip menyampaikan bahwa untuk masuk menjadi seorang prajurit Raider dibutuhkan kemampuan yang tinggi bagi prajurit, baik fisik jasmaninya maupun kemampuan diri sebagai prajurit. Tahapan seleksi prajurit Raider melalui seleksi kesehatan, psikologi dan jasmani serta kemampuan diri seperti mahir menembak diatas rata-rata serta jasmani diatas rata-rata, renang menyebrangi laut diatas rata-rata pula.

Karena memang, kata Pangdam, dalam seleksi menjadi prajurit Raider ini tuntutannya berat dan harus seleksi, kalau tidak memenuhi persyaratan, kembali. Disamping itu, Pangdam IV/Dip juga menyampaikan bahwa di Kodam IV/Dip ada dua Batalyon Raider yakni 400/Raider dan 408/Raider yang baru ditutup latihan pembentukan raider ini, dan untuk Batalyon Infanteri yang ada dibawah naungan Brigif dan Korem nantinya juga  akan mengikuti tahap-tahap lanjutnya.

“Prajurit satuan lain diluar organik Yonif 408/Sbh usai mengikuti pembentukan raider ini akan kembali kesatuan dan bergabung di Yonif 408/Raider yang mempunyai klasifikasi kemampuan raider karena mereka harus terpelihara dan terawat kemampuannya”pungkasnya. (Tris)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Iklan Disewakan

Laman