Inilah Daftar Rest Area di Pantura Jawa Tengah - bregasnews.com - Koran Online Referensi Berita Pantura

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Rabu, 21 Juni 2017

Inilah Daftar Rest Area di Pantura Jawa Tengah


Bregasnews.com - Pemerintah daerah di jalur pantai utara terus berupaya menciptakan kenyamanan dan keamanan warga yang pulang kampung. Selain menyiapkan rekayasa lalu lintas, jajaran pemerintah dan kepolisian menyediakan tempat peristirahatan.

Dari pantauan dimulai dari Cirebon, Jawa Barat. Ada tiga lokasi istirahat alias rest area di sini. Yakni di Mako Brimob Polda Jabar di Jalan Raya Winong; area Pasar Batik, Desa Weru, Kecamatan Weru; dan di depan rumah makan Aroma, Kecamatan Pangenan.

Bila tak sempat istirahat di Cirebon, pemudik bisa rehat sejenak di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Pemkab Brebes telah menyiapkan rest area di kantor Dinas Perhubungan. Lokasinya, di Jalan Pantura Desa Kluwut, Kecamatan Bulakamba.

Kepala Dishub Brebes Satibi mengklaim fasilitas rest area di kantornya serba gratis. Tak hanya makanan dan minuman, ada juga fasilitas pijat dan penukaran uang receh. Ada pula fasilitas karaoke. "Serba gratis," kata Satibi, Sabtu, 17 Juni 2017.

Satibi menambahkan, beberapa rest area juga akan disediakan di beberapa lokasi. Di antaranya di tanah kosong yang terletak di jalan pantura Desa Pesantunan, Kecamatan Wanasari. Kemudian di kantor Polsek dan Koramil sepanjang jalur mudik.

Lepas dari Brebes, pemudik akan masuk wilayah Tegal. Pemerintah dan kepolisian setempat juga menyediakan rest area. Yakni di Terminal Tegal, PPIB, SMK 1 Tegal (depan pos Maya), SPBU muri, Marlin Peleman, Gudang Bulog Babadan dan semua Mapolsek serta Makoramil.

Sementara memasuki Kota Pekalongan, pemudik bisa beristirahat di rest area sebelah timur SPBU Tirto; Lapangan Parkir Bank Jateng/Balai Wilayah VI Dinhub Provinsi Jateng di jalan Pemuda (sebelah timur THR); Lapangan Mako Brimob, jalan dr Sutomo; dan Masjid Al Fairus (sebelum terminal Kota Pekalongan).

Di Kabupaten Kendal, pemudik bisa rehat di Terminal Bahurekso. Di terminal yang tidak berfungsi itu, pemkab mendirikan tenda cukup besar.

Pemudik yang menuju Solo via Semarang, akan kembali menemui area istirahat di depan terminal-terminal Kota Semarang (Terminal Mangkang, Terminal Penggaron, dan Terminal Terboyo); posko di depan Kantor Kecamatan Tugu; posko terpadu yang banyak didirikan oleh instansi bersama organisasi-organisasi kemasyarakatan, dan di ruas Tol Jatingaleh-Manyaran serta ruas Tol Banyumanik-Ungaran.

Di Kabupaten Semarang, pemudik dapat beristirahat di seluruh Kantor Polsek dan Koramil dan exit tol Bawen. Sementara di Salatiga, pemudik bisa beristirahat di depan Kantor Satuan Lalu Lintas Polres Salatiga, di Taman kota Bendosari, dan di depan Masjid Baitusysyukur jalur lingkar selatan (JLS) Blotongan, Salatiga.

Tiba di Boyolali, pemudik dapat singgah di enam titik area istirahat. Yaitu Pospam Ampel, Kecamatan Ampel (Jalan Semarang-Solo); Pos pelayanan Terminal Sunggingan; Pospam Bangak, Kecamatan  Banyudono (Jalan Solo-Semarang); Pospam Andong, Kecamatan Andong (Jalan Gemolong-Karang Gede); Pospam Karang Gede (Jalan Sruwen-Andong); dan Polsek Teras (Jalan Solo-Semarang).

Masuk Kota Solo, pemudik bisa singgah di enam area istirahat. Antara lain di Jalan Adisucipto, Jalan Slamet Riyadi (taman kota Kerten), Jalan Bhayangkara, Jalan Ir. Sutami (Jurug), Jalan Piere Tendean (simpang Joglo), dan Terminal Tipe A Tirtonadi.

Rata-rata rest area di sepanjang Pantura Jateng itu beroperasi mulai H-7 hingga H+7 Lebaran. Tak cuma toilet, area istirahat juga dilengkapi fasilitas kesehatan, bengkel, tukang pijat, hingga sambungan internet.(Trs)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Iklan Disewakan

Laman