Optimalkan Swasembada Pangan, Dandim 0713/Brebes Sidak Ke Bulog Cimohong Brebes - bregasnews.com - Koran Online Referensi Berita Pantura

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Rabu, 14 Juni 2017

Optimalkan Swasembada Pangan, Dandim 0713/Brebes Sidak Ke Bulog Cimohong Brebes


Bregasnews.com - Kodim 0713/Brebes terus berupaya mengoptimalkan program pemerintah yaitu Swasembada Pangan Nasional melalui peningkatan penyerapan gabah hasil panen petani oleh Bulog Kab. Brebes.

Pengecekan ini sebagai salah satu wahana silaturahmi dengan seluruh keluarga besar Bulog Kab. Brebes sekaligus untuk memantau dan mengetahui sejauh mana penyerapan padi petani yang diserap oleh Bulog dalam memenuhi target yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Cimohong Kec. Bulakamba Senin (12/05/2016).

Dalam kesempatannya Dandim 0713/Brebes Letkol Inf Ahmad Hadi hariono bersama dengan Kepala Bulog Kab. Brebes serta didampingi Piket Sergab Kodim 0713/Brebes memantau langsung ke gudang penyimpanan beras.

“ Kita cek ke Gudang Bulog sejauh mana daya penyerapan hasil panen petani oleh Bulog hingga saat ini,” ujar Dandim.

Dikatakan Dandim, guna meningkatkan penyerapan hasil panen petani oleh Bulog, “ Saya akan pacu anak buah saya (para Babinsa Koramil jajaran Kodim 0713/Brebes) dan Bulog untuk meningkatkan sinergitas dengan para Gapoktan untuk menyalurkan hasil panen kepada Bulog,

Hal ini, kata Dandim, merupakan instruksi dari Presiden dan Mentan RI guna mewujudkan swasembada pangan di Kab. Brebes.

Hal lain yang menjadi penyebab masalah daya serap Bulog antara lain adalah karena kurangnya pemahaman dari para petani terhadap program Swasembada pangan (kedaulatan pangan nasional), mereka cenderung menjual hasil panennya kepada para tengkulak yang dinilai lebih praktis.

Hal ini merupakan usaha dan pengaruh para tengkulak dalam pengendalian harga hasil panen padi sehingga membuat sebagian petani menjual hasil panennya kepada tengkulak tersebut. Hal ini memerlukan peran serta dari seluruh pihak terkait guna memberikan pemahaman kepada para petani maupun Poktan untuk membantu Negara dalam menciptakan ketahanan pangan.(Tris)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Iklan Disewakan

Laman