Dandim : Dintan Dan Masyarakat Jaga Burung Hantu - bregasnews.com - Koran Online Referensi Berita Pantura

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Rabu, 09 Agustus 2017

Dandim : Dintan Dan Masyarakat Jaga Burung Hantu


Bregasnews.com - Rapat Koordinasi Pertanian yang mengambil tema “Temu Usaha Petani/Kelompok Tani Padi Dengan Perusahaan/Pelaku Usaha Tingkat Regional Maupun Nasional” diselenggarakan oleh Dinas Pertanian Kab. Brebes bekerjasama dengan Kodim 0713/Brebes dilaksanakan di Aula Dinas Pertanian Kab. Brebes. Selasa (25/7/2017).

Hadir dalam kegiatan yang berlangsung berlangsung selama 2 hari (25 s.d. 26 Juli 2017) antara lain Dandim 0713/Brebes Letkol Inf Ahmad Hadi Hariono narasumber materi peran TNI dalam ikut serta mensukseskan Sergab (Serapan Gabah) dan Evaluasi Sergab diwilayah Kab. Brebes), Kepala Dinas Pertanian Kab. Brebes yang diwakili Kabid Tanaman Pangan Dinas Pertanian Kab. Brebes Ir. Madyo Raharjo serta para Pengusaha Tani dan Kelompok Tani.

Dalam penyampaian materinya Dandim 0713/Brebes Letkol Inf Ahmad Hadi Hariono mengemukakan antara lain bahwa Kodim 0713/Brebes dalam pelaksanaan tugasnya yaitu membantu pemerintah dalam mensukseskan swasembada pangan (Pencapaian Upsus Pajale) bertugas sebagai motifator, pendukung dan penyemangat bagi para petani dan Dinas Pertanian sehingga kegiatan dibidang pertanian tersebut lancar tidak mendapatkan hambatan ataupun kendala dan sekaligus membantu menyelesaikan permasalahan yang timbul dilapangan.

Dalam pelaksanaan dilapangan ini, menurut Dandim, Kodim harus senantiasa bersinergi dengan Dinas Pertanian dalam rangka meminimalisir praktek Ijon dilapangan yang dilakukan oleh para petani serta mensosialisasikan kepada para petani untuk mengurangi penggunaan benih lokal yang cenderung tidak tahan terhadap hama wereng.

Hadi juga menyempatkan menanggapi pernyataan dari petani yang mengeluhkan tentang perburuan Burung Hantu dan pembunuhan terhadap ular sawah yang merupakan pembasmi alami hama tikus yang menyerang tanaman padi para petani.

“Saya akan memerintahkan para Babinsa saya dan berkoordinasi dengan Babinkamtibmas diwilayah untuk menertibkan perburuan terhadap burung hantu serta akan memberikan efek jera bagi siapa saja yang berusaha membunuh burung tersebut, serta bersama dengan Dinas Pertanian akan mengusulkan kembali kepada Pemda Kab. Brebes tentang pembuatan Rubuha (Rumah Burung Hantu) sehingga diharapkan kedepannya populasinya tetap terjaga”tegasnya.

Hadi juga membagikan nomor ponsel miliknya untuk melaporkan jika terdapat kendala ataupun hambatan dilapangan untuk para petani serta pengusaha tani.      

“Perlu kita ketahui bersama bahwa selama ini didalam Perdes (Peraturan Desa) ada peraturan yang menyebutkan untuk tidak membunuh burung hantu”tandasnya.(tris)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Iklan Disewakan

Laman