Jalin Keakraban, Kompolnas Jepang Kunjungi Kompolnas RI - bregasnews.com - Koran Online Referensi Berita Pantura

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Minggu, 12 Agustus 2018

Jalin Keakraban, Kompolnas Jepang Kunjungi Kompolnas RI


Bregasnews.com - Tepat jam 10 pagi pada hari Kamis, tanggal 9 Agustus 2018 Tim Delegasi Kompolnas Jepang berkunjung ke kantor Kompolnas RI di jalan Tirtayasa VII No. 20, Kebayoran Baru – Jakarta Selatan. Tim delegasi yang datang sebanyak 7 orang dipimpin oleh Mr. Shinichi Kitajima selaku anggota National Public Safety Commission (NPSC) dan didampingi oleh pejabat Kepolisian Jepang dan pejabat Kedutaaan Besar Jepang di Jakarta.

Kedatangan rombongan dari Kompolnas Jepang diterima oleh Kompolnas RI dengan penuh keterbukaan dan kehangatan. “ Membahas hal – hal strategis tentu harus dimulai dengan kedekatan dan keakraban untuk mencapai tujuan yang baik “, demikian diungkapkan oleh Dede Farhan Aulawi, salah seorang Komisioner Kompolnas RI.

Kompolnas RI dan Kompolnas Jepang memiliki persamaan dan perbedaan. Persamaan dan perbedaan ini tentu didasari oleh suatu landasan pemikiran yang merujuk pada sejarah, nilai – nilai, dan kondisi sosiologis kemasyarakatan yang berbeda di masing – masing Negara. Kedua Lembaga Pengawas Polisi ini, sama – sama menangani keluhan masyarakat yang terkait dengan kinerja kepolisian-nya. Sedangkan perbedaannya, contoh saat memilih Kepala Kepolisian baik Kepala Kepolisian Nasional maupun Kepala Kepolisian daerah kalau di Jepang dipilih Kompolnas-nya, sementara di Indonesia Kompolnas hanya memberi saran dan pertimbangan kepada Presiden, selanjutnya diusulkan ke DPR. Demikian dijelaskan oleh Dede Farhan Aulawi.

Persamaan dan perbedaan – perbedaan tersebut tentu bukan hanya itu saja, tetapi ada beberapa hal yang lain juga, yang bisa dijadikan sebagai dasar pemikiran dan pertimbangan untuk mengembangkan Kompolnas RI agar bisa lebih baik lagi di masa yang akan datang. Termasuk kemungkinan untuk meningkatkan kerjasama antara Kompolnas RI dan Kompolnas Jepang, termasuk Kepolisian RI dan Kepolisian Jepang. Setelah dua jam membahas hal – hal strategis antara kedua Negara, Tim Kompolnas Jepang dengan didampingi Kompolnas RI menemui Menkopolhukam selaku Ketua Kompolnas RI di kantor Kemenkopolhukam. Demikian pungkas Dede Farhan Aulawi, mengakhiri perbincangan.(trs)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Iklan Disewakan

Laman