Sinergitas Kepolisian Indonesia dan Malaysia dalam Pengamanan Perbatasan - bregasnews.com - Koran Online Referensi Berita Pantura

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Kamis, 02 Agustus 2018

Sinergitas Kepolisian Indonesia dan Malaysia dalam Pengamanan Perbatasan


Bregasnews.com - “Kepolisian Republik Indonesia (Polri) dan Kepolisian Diraja Malaysia (PDRM) dipandang perlu untuk terus menjaga dan meningkatkan kerjasama yang baik dalam pengamanan perbatasan antara Indonesia dengan Malaysia “, demikian diutarakan oleh Dede Farhan Aulawi selaku Komisioner Kompolnas yang ditemui sesaat setelah pertemuan Kompolnas dengan Atase Kepolisian Kedutaan Besar Malaysia di Jakarta pada hari Kamis, tanggal 2 Agustus 2018 . Hadir pada kesempatan itu, 2 komisioner Kompolnas yaitu Dede Farhan Aulawi dan Yotje Mende yang didampingi oleh Kepala Sekretariat Kompolnas Brigjend. Pol. Yehu Wangsajaya. Sementara dari Kedutaan Besar Malaysia, A. Bakar B. Yaacob selaku Atase Polis dan Ammirrullah Bin Mohd Sharif selaku Assistant Administrative Officer SLO, Jakarta.

Sinergitas bisa dilihat dari beberapa sisi, baik mengenai sudut pandang kejahatan transnasional maupun kerjasama metode pencegahannya, terutama di daerah perbatasan baik perbatasan darat maupun perbatasan laut. Kejahatan lintas Negara tersebut bisa berupa kejahatan peredaran narkoba, tindak pidana terorisme, maupun bentuk kejahatan lain yang mungkin terjadi. Untuk itulah agar mampu melakukan tindakan pencegahan, maka sinergitas kepolisian sangat diperlukan.

Di samping itu, Kompolnas memandang perlu juga untuk melakukan studi banding system pengawasan kepolisian yang dilakukan di Malaysia, baik pengawasan internal maupun pengawasan eksternal. Pengawasan tidak diartikan sekedar mencari – cari kesalahan, tapi pengawasan harus berorientasi untuk perbaikan. Jadi semangatnya adalah semangat konstruktif agar Polri bias semakin baik dari waktu ke waktu. Tidak ada sesuatu yang dibentuk lansung jadi atau langsung sempurna. Pasti ada proses dan tentu harus dilakukan secara terus menerus. Demikian ujar Dede Farhan Aulawi.

“ Polri memiliki komitmen yang kuat untuk terus melakukan perbaikan secara berkesinambungan. Komitmen yang baik ini harus terus dikawal secara bersama – sama agar tetap berada dalam rel komitmen untuk mewujudkan Polri yang Promoter. Profesional dalam bekerja, Modern dalam pelayanan, dan Terpercaya oleh masyarakat. Pendekatan pencegahan harus lebih dikedepankan daripada pendekatan penegakan hukum. Penegakan hukum adalah upaya terakhir (ultimum remedium) jika upaya pencegahan sudah tidak bisa lagi dilakukan “, pungkas Dede Farhan Aulawi mengakhiri perbincangan.(trs)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Iklan Disewakan

Laman