Warga di Tiga Kecamatan Kabupaten Brebes Jalani Operasi Katarak di RS Tentara Semarang - bregasnews.com - Koran Online Referensi Berita Pantura

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Jumat, 14 Desember 2018

Warga di Tiga Kecamatan Kabupaten Brebes Jalani Operasi Katarak di RS Tentara Semarang



Bregasnews.com – Peringatan Hari Infanteri Angkatan Darat atau HJK (Hari Juang Kartika) Ke-73 tahun 2018 di wilayah Kodam IV/Diponegoro diisi dengan berbagai macam kegiatan sosial kemasyarakatan. Tak hanya anggota TNI, namun pemerintahan, Kepolisian dan Ormas. Untuk masyarakat jelas menjadi target utamanya.

Rangkain kegiatan dimulai dengan bedah RTLH (Rumah Tidak Layak Huni) dan jambanisasi, bantuan kaki palsu, pengobatan gratis, donor darah dan sunat massal, pembagian sembako, penanaman pohon, operasi katarak serta pembersihan lingkungan dan lain sebagainya. Kali ini, Kodim 0713 Brebes memberangkatkan kembali puluhan warga masyarakat binaannya untuk melakukan screening mata guna mendapatkan operasi katarak di Rumah Sakit Tentara (RST) TK. III Bhakti Wira Tamtama Semarang. Kamis pagi (13/12/2018).

Dinyatakan Dandim, Letkol Infanteri Faisal Amri, SE bahwa, dari 24 warga masyarakat Brebes dari 9 kecamatan, hanya 4 orang yang dinyatakan lulus screening dan mendapatkan operasi. 20 orang calon pasien lainnya tidak bisa melanjutkan karena beberapa sebab, antara lain tensi dan gula darah tinggi, bukan katarak serta saraf matanya yang terganggu. Sehingga jika dipaksakan operasi, malah menambah parah, hal ini sesuai keterangan dari dokter mata yang memeriksa.

“Hanya empat orang yang dinyatakan lulus screening operasi katarak, akan langsung masuk ruang operasi guna mendapatkan tindakan medis, selebihnya adalah sakit saraf mata, tekanan dan gula darah. Disini tujuannya hanya untuk operasi katarak saja. Semoga kegiatan sosial ini dapat bermanfaat bagi masyarakat umum khususnya yang kurang mampu,” ungkapnya.

Diketahui, para peserta mendapatkan informasi dari Babinsa di 9 wilayah meliputi Brebes, Wanasari, Bulakamba, Losari, Larangan, Songgom, Tonjong, Bumiayu dan Paguyangan. Dari keempat warga yang telah berhasil dioperasi antara lain Rahmat Hidayat (65) dari Kelurahan Brebes Rt. 01 Rw. 16 dan Sholikhah (66) warga Jalan Dr. Sam Ratulangi Rt. 05 Rw. 09 Kelurahan Pasar Batang Kecamatan Brebes, Mas'ud Fata (66) Desa Linggapura Rt. 03 Rw. 02 Kecamatan Tonjong serta Antonius (48) penduduk Desa Losari Lor Rt/Rw. 01 Kecamatan Losari.

Saat dimintai keterangan, mereka sangat bersyukur atas upaya yang dilakukan TNI. Mereka juga berharap kedepan kegiatan serupa dilaksanakan kembali untuk membantu masyarakat lainnya yang belum mendapatkan kesempatan. (Aan/ts)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Iklan Disewakan

Laman