Puluhan Pelajar Dikukuhkan Sebagai Saka Wira Kartika Jatibarang Brebes - bregasnews.com - Koran Online Referensi Berita Pantura

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Rabu, 02 Januari 2019

Puluhan Pelajar Dikukuhkan Sebagai Saka Wira Kartika Jatibarang Brebes



Bregasnews.com – Pelantikan anggota baru Pramuka Satuan Karya Wira Kartika (SWK) Binaan Koramil 02 Jatibarang Kodim 0713 Brebes telah dilaksanakan di Makoramil, melalui Upacara Kehormatan Anggota Baru. Senin malam (1/1/2019).

Sebanyak 10 pelajar dari sekolah lokal yaitu SMP N 01, SMK Pusponegoro dan MA Asy Syafi'iyah ditambah SMK Bhakti Praja Dukuhwaru-Tegal, dikukuhkan sebagai anggota baru setelah dua hari (31/12/18 dan 1/1/19) dinyatakan lulus 5 materi krida wajib, yaitu Krida Navigasi Darat (kecakapan pengetahuan peta dan medan, kompas siang dan malam, pengetahuan resection dan intersection serta pengetahuan Global Position System/GPS), kedua adalah Krida Pionering (tali-temali, pembuatan jembatan improvisasi, pembuatan kemah serta bekal air dan listrik). Ketiga adalah Krida Mountaineering (panjat dan turun tebing serta traversing), krida keempat adalah Survival (pengetahuan berbagai jenis tumbuhan, binatang, hutan gunung serta Ralasuntai/Rawa Laut Sungai dan Pantai).

Sedangkan pamungkas adalah Krida Penanggulangan Bencana, disini diujikan manajemen penanggulangan bencana, Perjalanan dan Penanganan Gawat Darurat (PPGD), komunikasi radio serta tata cara memasak.  Kesemuanya dijalankan menggunakan sistem pamong dan prinsip-prinsip metode pendidikan kepramukaan dengan tujuan mengembangkan dan membina watak, mental, moral, jasmani, bakat, pengetahuan, pengalaman serta keterampilan para anggota.

Dinyatakan Danramil, Kapten Inf. Iskandar Subehi saat dikonfirmasi, semua materi dapat dilaksanakan dengan baik oleh peserta tanpa kesulitan berarti, sehingga dilaksanakan pengukuhan. “Disini selain 5 krida, kami memberikan bekal tambahan berupa wawasan kebangsaan. Program ini disesuaikan dengan ketentuan Kwartir Nasional dan TNI-AD. Selain sebagai bagian dari pembinaan teritorial koramil, juga sebagai pembinaan perlawanan wilayah dengan memantapkan bela negara generasi muda melalui Pramuka. Harapannya kedepan adalah, para lulusannya dapat menjadi relawan saat terjadinya bencana alam di Brebes khususnya,” jelasnya. (Utsm/Aan/ts)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Iklan Disewakan

Laman