Cegah Banjir Lagi, Tanggul Darurat Digarap - bregasnews.com - Koran Online Referensi Berita Pantura

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Rabu, 17 Februari 2021

Cegah Banjir Lagi, Tanggul Darurat Digarap



Bregasnews.com - Upaya antisipasi terulangnya banjir akibat luapan air Sungai Babakan yang sering merendam desa-desa di wilayah Ketanggungan Brebes, akan dibuat tanggul darut. Dibuatnya tanggul darurat diharapkan mampu menopang air di Sungai Babakan ketika debit air tinggi, sehingga tidak sampai limpas. Pembuatan tanggul dengan mendatangkan alat berat, supaya pengerjaanya cepat. 

Demikian disampaikan Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH saat meninjau bencana banjir di Ketanggungan  Brebes, Kamis (17/2). 

“Kami akan menyelamatkan warga dari banjir dengan penanganan darurat, berupa pembuatan tanggul darurat,” ungkap Idza.

Saat ini, lanjutnya, Pemkab Brebes sudah berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Balai Besar Wilayah Sungai  (BBWS) Cimanuk-Cisanggarung untuk melakukan penanganan darurat. 

Kata Idza, ada empat desa terendam banjir yaitu Desa Ketanggungan, Padakaton, Karangmalang, dan Desa Dukuhturi.

"Tidak hanya desa, Jalan Raya Ketanggungan arah Purwokerto juga langganan banjir akibat kiriman air dari selatan yang sangat besar. Bila biasanya Bendungan Cisadap ketinggian air 160 sentimeter saja sudah limpas, apalagi sampai 190 sentimeter," ungkapnya.

Lanjut Idza, karena itu tanggul darurat perlu dibuat dengan meninggikan bantaran sungai. Selain tanggung darurat. Dia juga mengatakan akan dilakukan penyedotan air dengan pompa air agar cepat surut.

"Kami juga membawa logistik untuk dibagikan kepada warga yang terdampak banjir," pungkasnya.

Kepala BPBD Brebes Nurshy Mansur menegaskan, pihaknya telah berkoordinasi dengan BBWS Cimanuk Cisanggarung untuk mendatangkan alat berat untuk membuat tanggul sementara.

"Akan ada pekerjaan tanggap darurat peninggian tanggul sementara. Yaitu dengan melakukan pengerukan endapan sungai, dengan alat berat sehingga  pengerjaan lebih cepat," jelasnya.

Kata Nushy, untuk pembuatan tanggul permanen akan dilaksanakan di 2022. Sambil menunggu hasil studi pihak BBWS.

Tampak mengikuti peninjauan  bencana banjir Ketanggungan antara lain Suami Bupati AKBP Dr Drs Warsidin SH, Asisten Bidang Pemrintahan dan Kesra Apriyanto Sudarmoko, Asisten bidang Administrasi Yuta Sugihyarti, Kepala Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air dan Tata Ruang Kabupaten Brebes Agus Ashari, Kepala Dinas Peternakan Zuhdan Fanani, Kepala Dinas Perhubungan Johari, Kepala Dinas Sosial Bebes Masfuri, dan pejabat lainnya. ( Abdul gofur )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Iklan Disewakan

Laman