Prawita GENPPARI Jelaskan Sensasi Air Terjun Untuk Kesehatan - bregasnews.com - Koran Online Referensi Berita Pantura

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Jumat, 07 Januari 2022

Prawita GENPPARI Jelaskan Sensasi Air Terjun Untuk Kesehatan



Bregasnews.com -  "Para pecinta wisata di tanah air biasanya memanfaatkan hari libur untuk berlibur ke tempat yang sesuai dengan seleranya masing – masing. Ada banyak dan jenis pilihan spot wisata sesuai dengan daya tarik yang dimilikinya masing – masing. Bisa dilihat dari daya tarik alamnya, daya tarik seni budayanya atau daya tarik karena kekhasan yang dimiliki atas produk ekonomi kreatid dari daerah tersebut. Salah satu spot wisata yang sering menjadi daya tarik adalah air terjun alias curug. Dimana jumlah dan keragaman jenis curugnya juga sangat banyak sekali “, ujar Ketum DPP Prawita GENPPARI Dede Farhan Aulawi di bandung, Kamis (6/1).


Menurutnya, air terjun merupakan sebuah formasi geologi dari arus air yang mengalir melalui sebuah formasi batuan yang mengalami macam-macam erosi dan jatuh dari ketinggian tertentu. Pada dasarnya air terjun merupakan sungai atau badan air lainnya yang jatuh dari tebing berbatu menuju ke kolam terjun yang ada di bawahnya. Pergerakan air jatuh ini sebenarnya mengikuti hukum alamiah air yaitu mengalir dari tempat tinggi menuju ke tempat yang lebih rendah. 


Lebih lanjut Dede juga menjelaskan tentang ion negatif dan ion positif yang ada di udara. Ion negatif terbukti secara ilmiah bermanfaat bagi kesehatan manusia, seperti meningkatkan imunitas dengan meningkatkan kerja linfa, meningkatkan aktivitas mental dan fisik, dan mengurangi kelelahan dengan menguraikan asam laktat. Juga meningkatkan konsentrasi dan produktivitas kerja, mengatasi stress, memperbaiki kualitas tidur, dan mencegah kanker paru, mendetoksifikasi sistem tubuh serta dapat mengatasi penyakit yang disebabkan alergi polusi udara dan asma. Ujarnya.


“ Dan perlu diketahui juga bahwa ion negatif paling banyak terdapat di air terjun. Air terjun berisi 10.000- 20.000 ion negatif per cc, yaitu 10-20 kali dibandingkan dengan taman. Hal itu membuat seseorang saat berada di dekat air terjun terasa sangat menyegarkan “, ungkapnya.


Kemudian dia juga menjelaskan manfaat air terjun buat kesehatan, seperti mampu menyegarkan tubuh karena air terjun dapat memancarkan ion negatif yang bermanfaat bagi lingkungan maupun manusia. Ion negatif dapat membersihkan udara yang tercemar polusi, debu, virus maupun bakteri. Dengan menghirup udara bersih dan segar di sekitar air terjun, tentunya dapat membuat tubuh menjadi lebih segar dan pikiran menjadi lebih tenang. Juga bisa meredakan stress dan membuat tubuh menjadi lebih bersemangat, serta melancarkan peredaran darah.


Di samping itu, air terjun juga bisa membuat wajah berkilau secara alami, karena lancarnya peredaran darah juga dapat mempengaruhi kelancaran kulit untuk revitalisasi maupun regenerasi. Membasuh wajah dengan air terjun yang dingin juga akan menjaga kelembaban kulit dan membuat kulit menjadi lebih kencang, sehingga wajah akan menjadi tampak lebih segar dan berkilau atau glowing alami. Begitupun bisa membuat rambut menjadi lebih sehat.


Juga mampu membakar kelebihan lemak di dalam tubuh, karena saat dinginnya air terjun mengenai tubuh, tubuh akan merespon dengan menghasilkan panas untuk melindungi tubuh dari rasa dingin. Proses ini juga akan membantu membakar kelebihan lemak maupun karbohidrat yang ada di dalam tubuh. Juga dapat merilekskan otot yang tegang dan dapat menormalkan otot yang membesar akibat aktivitas yang berat.


“ Oleh karenanya mari kita nikmati sensasi keindahan air terjun, sekaligus bisa merasakan manfaatnya buat kesehatan diri kita “, pungkas Dede sehabis melakukan kunjungan ke air Terjun Cirendeu yang berada di perkebunan teh dekat gunung Tangkuban Perahu. (red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Iklan Disewakan

Laman