Pusdiklat PRAWITA GENPPARI Gelar Pelatihan ”INSURGENCY AND TERRORISM” - bregasnews.com - Koran Online Referensi Berita Pantura

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Senin, 31 Januari 2022

Pusdiklat PRAWITA GENPPARI Gelar Pelatihan ”INSURGENCY AND TERRORISM”



Bregasnews.com - “ Terorisme dan pemberontakan menjadi ancaman level 1 bagi keamanan nasional, Pemerintah dan masyarakat. Ancaman-ancaman baru selalu muncul, baik karena perubahan strategis kebijakan yang memunculkan peluang baru bagi pemberontak untuk mengangkat kepala, atau karena perubahan iklim politik masyarakat. Saat ini nampaknya telah muncul pusat gravitasi baru terorisme dan pemberontakan, dimana ekstremisme ideologis dan produk turunannya akan mengancam dunia saat ini dan di masa mendatang “, demikian disampaikan oleh Pemerhati Terorisme Dede Farhan Aulawi di Bandung, Sabtu (29/1).


Coba perhatikan berbagai pemberontakan bersenjata dengan kekerasan dalam melawan otoritas (Pemerintah) yang dilakukan oleh kelompok-kelompok kecil bersenjata ringan yang mempraktikkan perang gerilya terutama dari daerah basis pedesaan. Fitur deskriptif utama dari pemberontakan adalah sifat asimetrisnya, yaitu pasukan kecil yang tidak teratur menghadapi militer reguler negara yang besar dan dilengkapi dengan persenjataan yang memadai. Dengan alasan asimetri ini pula, pemberontak menghindari pertempuran langsung skala besar, memilih untuk berbaur dengan penduduk sipil (terutama di pedesaan) di mana mereka secara bertahap memperluas kontrol teritorial dan kekuatan militer. Sesekali mereka juga menunjukan kebringasan dan kekejaman baik terhadap militer atau sipil sebagai salah satu jalan untuk menunjukkan eksistensinya, dan secara bersamaan membangun rasa “takut” di tengah masyarakat, serta berharap adanya perhatian dan pengakuan dari masyarakat internasional.


Menurutnya tujuan dari penyelenggaraan pelatihan ini adalah untuk membekali peserta dengan pengetahuan, wawasan dan pemahaman tentang pemberontakan dan terorisme, sehingga bisa membantu pemerintah dalam mencegah kemungkinan adanya gerakan yang menuju pada pemberontakan ataupun terorisme.


Adapun Subjek Pembahasan materi pelatihan meliputi :

- Insurgency Fundamentals

- Tactics : Terrorism & Subversion

- Political Rhetoric and Models

- Kilcullen's Pillars

- Eizenstat and Closing Gaps

- McCormick Magic Diamond

- Barnett and Connecting to the Core

- Cordesman and Security

- Asymmetric and Irregular Conflicts

- Counter-insurgency


Informasi lebih lanjut hubungi :

- Bu Nuni : 0813-8330-7997

- Bu Lilis : 0878-3770-5505

- Bu Inez : 0813-2498-5928

- Pak Tata : 0815-7897-7777

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Iklan Disewakan

Laman