Musrenbang di Kecamatan Bulakamba Tahun 2022, Para Kades Tampak Antusias - bregasnews.com - Koran Online Referensi Berita Pantura

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Jumat, 11 Februari 2022

Musrenbang di Kecamatan Bulakamba Tahun 2022, Para Kades Tampak Antusias

Musrenbang tingkat Kecamatan Bulakamba, Kamis (10/2/2022)


Bregasnews.com - Prosesi Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan Bulakamba dilaksanakan di aula Kantor Camat Bulakamba setempat, Kamis (10/02/2022).

Pelaksanaan Musrenbang tersebut dihadiri oleh Muspika, Ketua DPRD Kabupaten Brebes M.Taufik,S.Sn, Anggota DPRD Brebes dari fraksi PKB H.Haryanto, Para Kepala Desa se-Kecamatan Bulakamba, Para ketua BPD se-Kecamatan Bulakamba, Kepala UPTD PU Tanjung Casmadi,ST dan tokoh masyarakat.


Pada Musrenbang kali ini tampak berbeda dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya, para peserta Musrenbang terlihat sangat antusias melaksanakan musyawarah, hampir setiap desa mengajukan usulan pembangunan infrastruktur, karena merasa mengemban amanah aspirasi warganya hasil dari Musrenbang tingkat desa yang harus diperjuangkan, dengan harapan usulannya di tingkat kecamatan ini dapat diakomodir dan bisa diusulkan ke tingkat Kabupaten dan bisa direalisasikan dalam bentuk bantuan pembangunan infrastruktur. 


Sudah 2 tahun lamanya usulan-usulan masih banyak yang belum terealisasi dampak dari pandemi covid-19. Hal ini nampak jelas antusiasme para peserta musyawarah dalam memberikan usulannya, seperti yang diungkapkan oleh salah satu Kepala Desa Bulakamba Purnawirawan TNI Marinir Mayor Rudiyanto mengusulkan relokasi dan renovasi pembangunan pasar Bulakamba yang sudah lama diusulkan tapi belum terealisasi juga.


Dalam pemaparannya, Ketua DPRD Kabupaten Brebes M.Taufik mengatakan bahwa untuk anggaran dari APBD Kabupaten Brebes sangatlah terbatas sehingga untuk merealisasikan pembangunan diperlukan perencanaan yang matang dengan mengacu pada skala prioritas berdasarkan perangkingan pada tingkat keurgensiannya. Dikatakanya pula pembangunan itu ada 2 jenis yaitu pembangunan infrastruktur dan pembangunan manusia (SDM) melalui program pemberdayaan.


Sementara, dijelaskan salah satu dari anggota DPRD Brebes dari fraksi PKB H.Haryanto mengatakan tidak ada alokasi khusus dari APBD anggaran untuk melaksanakan pembangunan infrastruktur. Oleh sebab itu pembangunan itu harus dilaksanakan secara bertahap dan lebih mengedepankan skala prioritas 80% untuk pembangunan infrastruktur dan 20% untuk pemberdayaan. "Bilamana terjadi bencana alam seperti banjir, angin puting beliung, longsor, erosi atau gempa bumi maka penanggulangannya melalui BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) dan dinas-dinas yang terkait serta pemda" ucapnya."


Acara Musrenbang tingkat Kecamatan Bulakamba tampak berjalan dengan lancar, tertib dan aman, selalu mengikuti prokes dari awal acara hingga selesainya acara tersebut. (red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Iklan Disewakan

Laman