Prawita GENPPARI, Curug Tujuh Panjalu Potensi Wisata Eksotik Kabupaten Ciamis - bregasnews.com - Koran Online Referensi Berita Pantura

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Jumat, 04 Maret 2022

Prawita GENPPARI, Curug Tujuh Panjalu Potensi Wisata Eksotik Kabupaten Ciamis



Bregasnews.com - Di tengah – tengah kesibukannya dalam memotivasi para santri di berbagai pondok pesantren yang ada di kabupaten Ciamis, tepatnya yang berada di kecamatan Sukamantri dan kecamatan Panjalu, rombongan Tim DPP Prawita GENPPARI menyempatkan waktu untuk menikmati keindahan pesona curug tujuh yang berada di Panjalu. Curug ini memiliki tujuh tingkatan yang sangat indah, disana ada yang namanya Curug Satu, Curug Dua, Curug Tiga, Curug Cibolang, Curug Simantaja, Curug Cileutik, dan Curug Cibuluh, dimana menurut legenda setempat, Curug Tujuh dikenal sebagai curug air mata seorang raja.


Menurut cerita tokoh masyarakat setempat, konon zaman dahulu ada seorang raja yang bersedih karena tidak ada mata air di daerah tempat tinggalnya. Hal tersebut tentu saja mengakibatkan warga masyarakat jadi menderita. Sang raja pun sedih dan air mata yang keluar melimpah dan jatuh deras ke tebing hingga membentuk Curug Tujuh.


“ Untuk menjangkau lokasi tersebut, dari alun – alun Panjalu sebenarnya tidak terlalu jauh. Hanya saja dari pemberhentian kendaraan terakhir, para pengunjung masih membutuhkan jalan kaki. Anggap saja sebagai olah raga, namun demikian tidak perlu khawatir karena lingkungan sekitar sangat nyaman berhiaskan hutan yang rindang sehingga udara di sekitarnya terasa segar. Untuk itulah dibutuhkan fisik yang sehat karena jarak dari satu curug ke curug lainnya tidaklah dekat “, ujar Ketum DPP Prawita GENPPARI Dede Farhan Aulawi di Panjalu, Kamis (3/3).


Hal tersebut ia sampaikan saat mengunjungi Curug Tujuh Cibolang dimana suasananya dinilai lebih sejuk dan suhu air yang dingin tapi menyegarkan. Di tempat ini, para pengunjung diijinkan untuk menikmati guyuran air terjun tepat di bawah curug tersebut. Tampak juga beberapa pengunjung lain yang datang dari beberapa kota di Jawa Barat yang sama – sama sedang menikmati liburan. Di sekitar kawasan ini juga tersedia camping ground atau kawasan tanah datar yang disiapkan bagi mereka yang ingin berkemah.


“ Aneka keindahan alam yang ada di Indonesia ini sebenarnya menguatkan konsep dan kebijakan dalam memajukan pariwisata Indonesia. Jumlah dan keragaman potensi wisata yang dimiliki relatif sangat lengkap apabila dibandingkan dengan berbagai potensi wisata yang dimiliki negara lain. Untuk itulah atas dasar kesadaran kolektif, Prawita GENPPARI senantiasa konsisten dalam memajukan setiap potensi wisata yang ada di berbagai daerah di tanah air “, pungkas Dede. (Red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Iklan Disewakan

Laman