KOMNAS DISABILITAS RI PANTAU PRAKTEK BAIK PT SUAI - bregasnews.com - Koran Online Referensi Berita Pantura

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Kamis, 12 Mei 2022

KOMNAS DISABILITAS RI PANTAU PRAKTEK BAIK PT SUAI



Bregasnews.com (SUBANG) - Kunjungan kerja Komisi Nasional Disabilitas (Komnas Disabilitas) Republik Indonesia yang terdiri dari Ketua Dante Rigmalia, Wakil Ketua Deka Kurniawan, dan Anggota Jonna Damanik ke PT Subang Autocomp Indonesia (SUAI) pada Rabu 11 Mei 2022, Guna melihat praktik-praktik baik yang dilakukan  SUAI dalam hal pemberian pekerjaan kepada  penyandang disabilitas. (11/5)


Dalam kunjungannya Komnas Disabilitas disambut baik oleh segenap pimpinan dan manajemen perusahaan termasuk Direktur PT SUAI Frans Boediono dan Wawan Setiawan selaku Deputy Factory Manager. “Sebuah kehormatan bagi kami dikunjungi oleh Komnas Disabilitas yang merupakan lembaga baru” pungkas Bapak Wawan Setiawan. (11/5)


Wakil Ketua Komisioner KND,  Deka Kurniawan menyampaikan bahwa praktik baik yang dilakukan PT.SUAI seyogyanya bisa menjadi contoh untuk bisa diaplikasikan oleh perusahaan. Saat ini PT. SUAI telah mempekerjakan 2,1% tenaga kerja penyandang disabilitas.


 “Hal ini salah satu praktik baik perusahaan terhadap upaya penghormatan, pelindungan dan pemenuhan hak penyandang disabilitas dalam sektor hak pekerjaan,” ungkapnya. (11/5)



Komisioner KND Jonna Damanik menambahkan bahwa KND juga sedang menginisiasi insentif bagi perusahaan yang mempekerjakan penyandang disabilitas dan mengharapkan PT.SUAI dalam mempekerjakan penyandang disabilitas bisa menerapkan konsep learning by doing dalam proses menciptakan lingkungan yang ekosistem di tempat kerja yang inklusif sehingga tidak menunggu harus tersedianya keseluruhan sarana dan prasarana yang lengkap karena inklusif adalah sebuah filosofi. Lebih lanjut, Jonna mendorong agar PT. SUAI melibatkan stakeholders perusahaan dengan menjalin kerja sama dengan universitas maupun Sekolah Luar Biasa (SLB) sebagai pendamping. (11/5)


Selain itu rombongan KND diberi kesempatan untuk melakukan Plant Tour agar bisa melihat langsung para tenaga kerja disabilitas yang kemampuannya tidak kalah dengan pekerja non disabilitas.  Tentu hal ini dapat terjadi setelah pemberian pembekalan dan pendampingan yang sebelumnya diberikan PT. SUAI.


Dante Rigmalia menyampaikan apresiasi  kepada PT. SUAI karena perusahaannya memiliki value/ nilai yang mendukung agar keberadaan perusahaan harus memberi manfaat bagi siapa saja,  memberi kesempatan bekerja kepada siapa saja termasuk penyandang disabilitas. 


 "Value/ nilai yang dipegang perusahaan ini, menciptakan lingkungan yang inklusif di tempat bekerjanya, semua pekerja berbaur satu sama lain, penyandang disabilitas dan non disabilitas berkolaborasi satu sama lain juga mereka mendapatkan hak yang sama sebagai pekerja", ungkap Dante. (11/5)


Dante pun menyampaikan harapan agar PT SUAI mengakomodir ragam disabilitas lainnya selain tuli yang merupakan jumlah pekerja penyandang disabilitas terbanyak, beberapa yang lain tunagrahita, hambatan penglihatan. Jika managemen memerlukan dukungan pengembangan pemahaman dan pelayanan bagi pekerja penyandang disabilitas maka managemen dapat bersinergi dengan lembaga lain selain SLB misalnya perguruan tinggi UPI yang memiliki program studi Pendidikan Khusus.


Point-point penting lainnya disampaikan oleh Ketua Komnas Disabilitas adalah memberikan arahan agar perusahaan terus meningkatkan kesempatan bekerja bagi penyandang disabilitas, memberikan afirmasi dan akomodasi yang layak bagi pekerja mulai dari rekrutmen dan pendampingan yang diperlukan saat bekerja, mempersiapkan jenjang karier, memberikan jaminan/ dukungan dan tetap mempekerjakan pekerja jika mereka mengalami kecelakaan kerja dan menjadi disabilitas karenanya. Tutup Dante (11/5). (red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Iklan Disewakan

Laman