Mahasiswa KKN 53 UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan Gelar Launching Bank Sampah Babakan - bregasnews.com - Koran Online Referensi Berita Pantura

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Sabtu, 27 Agustus 2022

Mahasiswa KKN 53 UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan Gelar Launching Bank Sampah Babakan

 


Bregasnews.com (Pemalang) – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) 53 Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan adakan kegiatan launching bank sampah Babakan dengan mengusung tema “Kumpulkan, Berikan, Tabungkan”. Kegiatan launching ini bertempat di Lapak Bang Tigor, Desa Babakan, Kecamatan Bodeh, Kabupaten Pemalang. (25/08)


Kegiatan Pelaunchingan Bank Sampah Babakan turut dihadiri oleh Kepala Desa Babakan, aparatur desa Babakan, dosen pembimbing lapangan KKN 53 UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan Desa Babakan, ketua bank sampah, Tim penggerak PKK, dan larang taruna desa Babakan.


Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja yang diinisiasi Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan bekerjasama dengan aparatur Perangkat desa, Tim Penggerak PKK, Karang Taruna, Ansor, dan Banser Desa Babakan. 


Konsep Bank Sampah yang digagas oleh Mahasiswa KKN UIN K.H. Abdurrahman Wahid ini merupakan Bank Konvensional pada umumnya. Dimana setiap warga mengumpulkan sampah di rumah masing-masing untuk nantinya di setorkan ke pihak bank sampah jika sudah cukup banyak. Selanjutnya sampah ditimbang dan dicatat berat serta pendapatannya di buku tabungan yang nantinya dapat dicairkan apabila telah memiliki banyak pemasukan. 


Kustoni BR Selaku kepala desa Babakan, menuturkan bahwa adanya program Bank Sampah dapat menjadi semangat dalam menjaga perilaku hidup bersih dan sehat, "dengan adanya program Bank Sampah dapat menjadi pemicu berjalannya perilaku hidup bersih dan sehat. Program ini juga nantinya akan dikuatkan dengan peraturan desa yang nantinya bila perlu akan mewajibkan masyarakat untuk menjadi nasabah di Bank Sampah", tandasnya.


Hal senada juga diungkapkan oleh Fachruddin, selaku Ketua Bank Sampah Babakan, bahwa dengan adanya program yang digagas oleh mahasiswa KKN dapat mendukung masyarakat dalam mengelola sampah di lingkungan sekitar, “Saya sangat mendukung serta banyak berharap masyarakat bisa mengolah, menyumbangkan, serta menyalurkan sampah-sampah baik organik maupun anorganik di Bank Sampah Babakan ini sehingga nantinya mereka akan mendapatkan keuntungan.” pungkasnya.


Dengan hadirnya program Bank Sampah desa Babakan yang diinisiasi Mahasiswa KKN 53 UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan harapannya dapat bermanfaat mengubah lingkungan desa menjadi lebih bersih dan dapat bernilai ekonomis. Nantinya diharapkan masyarakat dapat memilah sampah secara bijak untuk membentuk perilaku hidup bersih dan sehat di lingkungan sekitar. (Mishbah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Iklan Disewakan

Laman