Prawita GENPPARI, Membangun Spirit Kebangkitan Pariwisata Indonesia - bregasnews.com - Koran Online Referensi Berita Pantura

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Selasa, 16 Agustus 2022

Prawita GENPPARI, Membangun Spirit Kebangkitan Pariwisata Indonesia



Bregasnews.com - “ Pulau Bali masih merupakan ikon pariwisata Indonesia, dan saat ini pariwisata pulau Bali pun menjadi ikon kebangkitan pariwisata Indonesia setelah lebih dari 2 tahun negara – negara di seluruh dunia dilanda pandemi covid 19 yang telah meluluhlantakan industri kepariwisataan di seluruh dunia. Namun dengan semangat kebersamaan antara Pemerintah dan berbagai komunitas penggerak wisata, alhamdulillah setahap demi setahap kebangkitan pariwisata mulai menggeliat untuk bangkit serta menggerakan sektor ekonomi yang terkait lainnya “, ujar Ketum DPP Prawita GENPPARI Dede Farhan Aulawi di Bandung, Senin (15/8).


Hal tersebut ia sampaikan setelah kembali dari Bali untuk mempelajari banyak hal terkait dengan kebangkitan industri pariwisata pasca pandemi covid 19. Dirinya selama ini memang dikenal sangat konsen dalam memajukan pariwisata di berbagai daerah di tanah air guna peningkatan kesejahteraan masyarakat yang merata melalui bidang pariwisata, seni budaya dan produk – produk kreatif dari UMKM. Itulah sebabnya Dede Farhan Aulawi juga dikenal sebagai bapak Pariwisata Indonesia karena sangat aktif memajukan pariwisata Indonesia secara mandiri, artinya bergerak dan bekerja secara mandiri tanpa harus membebani keuangan negara.


Menurutnya, lebih dari 2,5 tahun pandemi Covid-19 membuat pariwisata di seluruh dunia, termasuk di Indonesia mengalami keterpurukan yang nyata. Untuk itu diperlukan upaya strategis, operasional dan taktis dari pemerintah bersama semua stakeholder untuk memulihkan pariwisata yang menjadi tonggak perekonomian negara – negara di seluruh dunia. Bangkitnya sektor pariwisata akan menjadi trigger untuk menggerakan sektor ekonomi lainnya dan tentu saja akan bermuara pada kebangkitan ekonomi masyarakat sampai ke pedesaan – pedesaan. Itulah sebabnya Prawita GENPPARI membangkitkan sektor pariwisata sampai ke desa – desa di seluruh tanah air.


Kemudian Dede juga menjelaskan bahwa Bali sampai saat ini masih menjadi ikon kebangkitan pariwisata tanah air, dan sekaligus menjadi etalase pariwisata Indonesia, sehingga bisa dipahami jika pemerintah khususnya pusat sangat memperhatikan kondisi Bali saat ini. Dan tentu saja secara paralel harus juga memperhatikan daerah – daerah lainnya agar terjadi pemerataan kebangkitan pariwisata secara merata. Termasuk dibukanya pintu masuk penerbangan internasional ke Bali akan menjadi salah satu upaya pemulihan ekonomi Pulau Dewata. Selain itu, juga akan menciptakan lapangan pekerjaan yang lebih luas. Jika hal yang sama dilakukan juga kepada daerah – daerah yang lain tentu akan berimplikasi positif untuk kesejahteraan masyarakat luas. Ungkapnya.


“  Kita semua para penggerak kepariwisataan perlu banyak belajar dari Bali dalam mengelola setiap objek wisata dengan tata kelola yang profesional. Apalagi Bali juga akan menjadi tempat penyelenggaraan event-event berskala internasional, seperti KTT G20, MotoGP, dan ASEAN Summit 2023. Semua masyarakat harus bahu membahu bekerja sama dengan Pemerintah untuk mensukseskan event – event tersebut karena akan berdampak pada pulihnya kepercayaan masyarakat internasional terhadap dunia kepariwisataan, khususnya di Bali dan umumnya di seluruh tanah air “, pungkas Dede. (red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Iklan Disewakan

Laman