Dede Farhan Aulawi Hadiri Launching SIBIMA di Savoy Homan Bandung - bregasnews.com - Koran Online Referensi Berita Pantura

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Rabu, 02 November 2022

Dede Farhan Aulawi Hadiri Launching SIBIMA di Savoy Homan Bandung



Bregasnews.com - “ Inovasi merupakan kunci keberhasilan dalam mengimbangi tuntutan tugas dan pekerjaan saat ini. Tanpa adanya inovasi rasanya akan sangat sulit sekali suatu organisasi untuk tetap survive di tengah kompetisi peradaban yang tiada henti. Apalagi perkembangan teknologi yang terus berkembang tiada henti sehingga dunia memasuki revolusi industri 4.0 “, ungkap Direktur Eksekutif Lembaga Pengembangan Profesi dan Teknologi Kepolisian (LP2TK) Dede Farhan Aulawi di Bandung, Senin (31/10).


Hal tersebut ia sampaikan saat menjadi narasumber dalam Forum Group Discussion (FGD) yang diselenggarakan oleh Ditresnarkoba Polda Jabar di Ballroom Hotel Savoy Homan Bandung. Adapun tema FGD tersebut adalah Program Inovasi yang Efektif dan Agilitas Organisasi Melalui Kolaborasi Penanganan Tindak Pidana Narkoba dai Era Revolusi Industri. Acara dibuka oleh Direktur Reserse Narkoba. Dalam kesempatan tersebut ia menjelaskan tentang berbagai motif dan modus kejahatan peredaran gelap dan penyalahgunaan narkoba, mulai dari motif ekonomi sampai motif politik untuk menghancurkan generasi muda penerus bangsa. Apalagi modus kejahatannya sudah mulai melibatkan anak – anak sekolah.


Dede juga menegaskan prinsip dasar penegakan hukum yang terkait narkoba sesuai dengan amanat UU, yaitu bagi mereka yang hanya sebagai pengguna harus direhabilitasi supaya sembuh. Sementara itu bagi pengedar atau penjual harus di penjara supaya jera. Selanjutnya terkait dengan persamaan perlakukan hukum bagi siapapun pelanggarnya (Equality before the Law). 

“ Every person is equal before the law and is entitled to the equal protection of the law without discrimination “.


Sementara itu di saat yang bersamaan, teknologi terus berkembang dengan pesat sehingga ‘memfasilitasi” berbagai modus kejahatan narkoba mulai berbasis teknologi. Untuk itulah inovasi aparat penegak hukum dalam menanggani masalah kejahatan narkoba ini harus semakin kreatif agar mampu melaksanakan tugas secara maksimal.  Hal ini sejalan dengan atribut Kepemimpinan Kontemporer yang terkait dengan kemampuan adaptasi dengan teknologi digital, atau biasa dikenal dengan istilah Digital Leadership.


“ Pak AKBP. Fauzan saat ini sedang mengikuti Pendidikan Kepemimpinan Nasional (PKN) tingkat II Angkatan XVIII Tahun Anggaran 2022 yang bertempat di Pusdikmin Lemdiklat Polri di Bandung. Kemudian membuat aplikasi Strategi Penanganan Pelaku dan Barang Bukti Narkoba Melalui Integrasi Database Berbasis Digital yang disebut dengan SIBIMA. Dalam konteks ini tentu saja, saya sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan dan semoga aplikasi ini bisa bermanfaat bagi Polri dalam memberantas peredaran gelap dan penyalahgunaan narkoba “, pungkas Dede. (red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Iklan Disewakan

Laman