BIMTEK 2 hari : "Penguatan Kompetensi Siwas Untuk Meningkatkan Efektivitas Pengawasan Kinerja Tingkat Polres dan Polsek" - bregasnews.com - Koran Online Referensi Berita Pantura

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Senin, 27 Maret 2023

BIMTEK 2 hari : "Penguatan Kompetensi Siwas Untuk Meningkatkan Efektivitas Pengawasan Kinerja Tingkat Polres dan Polsek"

 


Dasar Pemikiran

Setiap organisasi pada dasarnya harus memiliki perencanaan dan melaksanakan kegiatan sesuai rencana yang telah dibuat untuk mencapai tujuannya. Begitupun dengan organisasi Polri yang memiliki tupoksi harkamtibmas, gakkum dan linyomyanmas perlu mengoptimalkan peran pengawasan guna memastikan tercapainya tujuan organisasi sesuai dengan amanat UU.


Fungsi pengawasan di tingkat Polres yang dilakukan oleh Siwas dipandang perlu untuk terus ditingkatkan agar pelaksanaannya semakin efektif. Oleh karena itu, upaya peningkatan pengetahuan dan  keterampilan teknis berupa pemenuhan kompetensi Siwas semakin penting dalam melaksanakan peran dan fungsinya. Termasuk saat bertugas melaksanakan monitoring dan pengawasan umum baik secara rutin maupun insidentil terhadap pelaksanaan kebijakan pimpinan Polri di bidang pembinaan dan operasional yang dilakukan oleh semua unit kerja, mulai dari proses perencanaan, pelaksanaan, dan pencapaian kinerja serta memberikan saran tindak terhadap penyimpangan yang ditemukan. Dengan demikian, penguatan kompetensi Siwas sangat penting sekali.


*Tujuan Bimtek*

Bimtek ini dilaksanakan dengan tujuan untuk membekali dan meningkatkan kompetensi para pengemban fungsi pengawasan (Siwas) di tingkat Polres agar semakin terampil dan efektif dalam melaksanakan tupoksinya.


*Subjek Pembahasan*

- Konsep Dasar Pengawasan

- Desain Perencanaan dan Pelaksanaan Pengawasan

- Pengawasan Umum dan Pengawasan Insidentil (Khusus)

- Penyusunan Jadwal dan Ruang Lingkup Pengawasan Satker

- Pelaksanaan Pengawasan dan Pemeriksaan (Wasrik)

- Kompilasi Temuan dan Klasifikasi Temuan

- Pembinaan Rencana Perbaikan 

- Penyusunan Laporan Pengawasan

- Monitoring dan Evaluasi Program Perbaikan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Iklan Disewakan

Laman