Bimtek 1 hari : ”CERDAS MENGELOLA INFORMASI DAN PUBLIKASI MEDIA” - bregasnews.com - Koran Online Referensi Berita Pantura

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Rabu, 05 Juli 2023

Bimtek 1 hari : ”CERDAS MENGELOLA INFORMASI DAN PUBLIKASI MEDIA”



Dasar Pemikian

Merujuk pada UU No. 14 Tahun 2008 dinyatakan bahwa Informasi Publik adalah informasi yang dihasilkan, disimpan, dikelola, dikirim, dan/atau diterima oleh suatu badan publik yang berkaitan dengan penyelenggara dan penyelenggaraan negara dan/atau penyelenggara dan penyelenggaraan badan publik lainnya yang sesuai dengan Undang-Undang. Berdasarkan pasal 1 ayat 1 dijelaskan pula bahwa Informasi adalah keterangan, pernyataan, gagasan, dan tanda-tanda yang mengandung nilai, makna, dan pesan, baik data, fakta maupun penjelasannya yang dapat dilihat, didengar, dan dibaca yang disajikan dalam berbagai kemasan dan format sesuai dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi.

Dengan demikian maka Pemerintah termasuk kementerian dan lembaga diamanatkan untuk membuka informasi terkait penyelenggaraan pemerintahan kepada masyarakat. Namun perlu juga dipahami klasifikasi informasi publik yang dimaksud, seperti Informasi yang wajib disediakan dan diumumkan secara berkala, Informasi yang wajib diumumkan secara serta merta, Informasi yang wajib tersedia setiap saat, dan Informasi yang dikecualikan.

Di lain sisi arus informasi yang membanjiri masyarakat sudah tidak bisa dibendung lagi, termasuk berbagai informasi dan berita – berita hoaks yang berpotensi mengancam keamanan, persatuan dan kesatuan. Oleh karenanya, keterampilan dalam mengelola INFORMASI dan PUBLIKASI MEDIA menjadi sangat penting sekali bagi setiap pengemban fungsi yang terkait di setiap instansi pemerintah, TNI, Polri, dan Kementerian/ Lembaga lainnya.


*Tujuan*

Pelatihan / Bimtek ini diselenggarakan dengan tujuan untuk membekali setiap peserta dengan pengetahuan dan keterampilan dalam mengelola informasi dan publikasi media yang tepat guna dan berimplikasi positif bagi publik.


*Subjek Pembahasan*

- UU Keterbukaan Informasi Publik

- Jenis – jenis Informasi 

- Press Release dan Informasi Deskriptif

- Konsep dasar 5W + 1H + 2P

- Teknik Penyusunan Narasi Deskriptif

- Teknik Penyusunan Narasi Persuasif

- Teknik Penyusunan Narasi Promotif

- Tata Kelola Informasi dan Publikasi Media yang Efektif


*Informasi lebih lanjut terkait pelatihan ini dapat menghubungi :*

- Bu Ria : 0813-9555-2289

- Bu Ines : 0813-2498-5928

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Iklan Disewakan

Laman