Bimtek Katpuan 1 hari : DESAIN PERENCANAAN STRATEGIS KESIAPAN OPERASI PENGAMANAN PEMILU - bregasnews.com - Koran Online Referensi Berita Pantura

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Minggu, 17 September 2023

Bimtek Katpuan 1 hari : DESAIN PERENCANAAN STRATEGIS KESIAPAN OPERASI PENGAMANAN PEMILU



DASAR PEMIKIRAN

Hari H pemungutan suara pemilu dan pilkada serentak tahun 2024 tinggal beberapa bulan lagi, dan saat ini tahapannya sedang berjalan. Pesta demokrasi lima tahunan saat ini perlu mendapat perhatian lebih karena pelaksanaan pemilu dan pilkada dilakukan serentak di tahun yang sama sehingga ada beberapa detail tahapan pemilu yang perlu dicermati secara baik agar semua tahapan berjalan dengan lancar, damai dan kondusif. 


Kondisi tersebut tidak cukup hanya dengan BERHARAP, tetapi harus ada ikhtiar yang signifikan dalam membuat Desain Perencanaan Strategis Kesiapan Operasi Pengamanan Pemilu. Konsep dasarnya jangan terjebak pada BIASANYA atau POKOKNYA, karena variabel ATURAN MAIN dan POTENSI ANCAMANNYA berbeda serta bergerak dinamis. Untuk itulah pengemban fungsi pembinaan dan  fungsi manajemen bidang operasi, mulai dari pelatihan pra operasi, koordinasi, dan kerja sama dalam rangka operasi kepolisian menjadi sangat penting untuk menerima pembekalan ini.


*TUJUAN*

Bimbingan teknis peningkatan kemampuan ini diselenggarakan dengan tujuan untuk membekali seluruh peserta dengan pengetahuan dan keterampilan teknis dalam mengidentifikasi setiap potensi gangguan, khususnya terkait dengan pengamanan pemilu dan pilkada serentak 2024. Selanjutnya bisa membuat desain perencaan operasi pengamanan yang terintegrasi sehingga pelaksanaan kontestasi politik di wilayah hukumnya berlangsung dengan damai dan kondusif.


*SUBJEK PEMBAHASAN*

- Posisi Strategis Pesta Demokrasi

- Landasan Hukum : UU, PKPU dan Peraturan Bawaslu

- Identifikasi Variabel Faktual Potensi Ancaman Keamanan

- Potensi Gangguan Lokal

- Potensi Gangguan Nasional

- Potensi Gangguan Regional

- Potensi Gangguan Internasional

- Desain Rencana Strategis Bidang Operasi

- Koordinasi Pengumpulan, Pengolahan, Penyajian, dan Pelaporan Data Operasi

- Pengendalian Operasi dan Tindakan Kontinjensi

- Evaluasi Renbut Anggaran, SDM dan Sarpras


*Informasi lebih lanjut terkait pelatihan ini dapat menghubungi :*

- Bu Ria : 0813-9555-2289

- Bu Ines : 0813-2498-5928

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Iklan Disewakan

Laman