Kunjungi Polda Kaltim, Begini Usulan Kompolnas Dalam PAM Pemilu 2024 - bregasnews.com - Koran Online Referensi Berita Pantura

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Kamis, 09 November 2023

Kunjungi Polda Kaltim, Begini Usulan Kompolnas Dalam PAM Pemilu 2024



Bregasnews.com - Komisi Kepolisian Nasional Republik Indonesia ( Kompolnas RI ) Mengunjungi Polda Kalimantan Timur yang berada di Jl Syarifuddin Yoes No.99 Balikpapan Selatan, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, dalam rangka monitoring langsung kesiapan terhadap pengamanan Pemilu tahun 2024 di wilayah Hukum Polda Kaltim. (8/11/23)


Rombongan yang dipimpin oleh Irjen Pol (Purn) Benny Jozua Mamoto, S.H., M.Si. selaku Sekretaris Kompolnas beserta anggota Prof. Dr. Albertus Wahyurudhanto, M.Si. dan Dr. Yusuf, S.Ag., M.H. didampingi Brigjen Pol Musa Tampubolon, S.H., SIK., M.H selaku Kepala Sekretariat Kompolnas langsung diterima oleh Wakapolda Kaltim Brigjen Pol Drs. Mujiyono, S.H., M.Hum., didampingi Irwasda Polda Kaltim Kombes Pol Zulkifli, S.St.M.K., S.H., M.M., serta para Pejabat Utama di Rupatama Polda Kaltim. (8/11/23)



Dalam sambutannya Benny Mamoto menyebutkan, Kompolnas mengadakan supervisi ke beberapa Polda, kami monitoring dan turun memastikan bahwa kesiapan jajaran Polri sudah Optimal mengamankan Pemilu 2024 sehingga tidak underestimate terhadap suatu kerawanan.



 " Kita cek dan pastikan semua hal sudah dipertimbangkan dalam pengamanan pemilu, termasuk mengantisipasi adanya indikator oknum yang menganggu kondusifitas Pemilu 2024 di wilayahnya masing-masing," Ucap Benny (8/11/23) Paparan Polda kaltim melalui Karoops menyebutkan, Beberapa kerawanan Pemilu mulai dari gugatan terhadap penyelenggara pemilu, mobilisasi massa pada saat pendaftaran, gesekan antar pendukung, adanya oknum penyelenggara pemilu yg berafiliasi dengan parpol maupun capres dan cawapres dan terbelahnya fokus pengamanan antara penyelenggara pemilu, juga Kerawanan saat kampanye yaitu Kampanye tidak sesuai lokasi / tempat dan jadwal dan masih banyak lagi. Oleh karenanya Polda dan Polres/ta menyelenggarakan Operasi Kepolisian terpusat “Mantap Brata Mahakam 2023-2024” dengan didukung oleh Tentara Nasional Indonesia, instansi terkait, dan mitra keamanan dan ketertiban masyarakat lainnya dalam rangka Pengamanan Penyelenggaraan Tahapan Pemilihan Umum Tahun 2024 selama 222 (dua ratus dua puluh dua) hari.


"Kesiapan personel Polda Kaltim dalam pelaksanaan Operasi Mantap Brata (OMB) untuk mengamankan Pemilu Tahun 2023-2024 dengan jumlah personel Polda Kaltim yang terlibat sebanyak 5.542 personel dengan rincian sebagai berikut personel Polda Kaltim sebanyak 1.234 dan personel Polres/Ta jajaran Polda Kaltim sebanyak 4.308 personel" (8/11/23).


Karoops menjelaskan, OMB Mulai dari tahap pendaftaran dan penetapan calon presiden dan calon wakil presiden, kampanye, masa tenang, pemungutan suara dan penghitungan suara, penetapan hasil pemilihan umum, pengucapan sumpah janji anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah, dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, serta pengucapan sumpah janji Presiden dan wakil Presiden dengan jenis operasi yaitu pemeliharaan keamanan yang mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif dengan didukung kegiatan penegakan hukum, hubungan masyarakat, dan bantuan operasi, sehingga terwujud situasi keamanan dan ketertiban masyarakat yang kondusif di wilayah provinsi Kalimantan Timur. (8/11/23).


Selain itu, Polda Kaltim telah melaksanakan beberapa kegiatan sosialisasi, seminar, pelatihan TFG dan pelatihan Sispamkota dalam rangka kesiapan pengamanan Pemilu 2023- 2024 di provinsi Polda Kaltim, melalui Wakapolda juga telah melaksanakan rapat koordinasi sentra Gakkumdu Provinsi dan sentra Gakkumdu Kabupaten/Kota se-Kalimantan Timur. Tutupnya (8/11/23)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Iklan Disewakan

Laman