Pelatihan Bimtek 2 hari : STRATEGI PERANCANGAN SISTEM KEAMANAN PERUSAHAAN INTEGRATIF - bregasnews.com - Koran Online Referensi Berita Pantura

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Selasa, 23 Januari 2024

Pelatihan Bimtek 2 hari : STRATEGI PERANCANGAN SISTEM KEAMANAN PERUSAHAAN INTEGRATIF

 


DASAR PEMIKIRAN

Urgensi pentingnya merancang system keamanan di suatu perusahaan atau institusi, saat ini telah menjadi kebutuhan vital bagi semua pimpinan organisasi. Hal ini tidak sekedar menjamin keamanan kantor dari potensi pencurian saja, melainkan dimensinya sudah semakin meluas. Di samping kemanan barang, peralatan, orang, informasi dan data, juga keamanan dari potensi kebakaran atau tindakan sabotase dan intelijen bisnis lainnya. Oleh karenanya, penyiapan personil keamanan menjadi sangat pentingnya sekali guna menemukan kualifikasi yang sesuai kebutuhan organisasi.


Dengan demikian, terminologi keamanan saat ini telah berkembang menjadi, (1) Security: aman dari gangguan atau ancaman yang dapat membahayakan, (2) Safety: selamat dari kecelakaan, bencana atau marah bahaya yang dapat mengancam keselamatan kehidupan individu, masyarakat termasuk harta benda, (3) Surety: jaminan adanya kepastian/keyakinan suatu kegiatan dapat berlangsung lancar, aman dan tertib, termasuk jaminan adanya kepastian hukum (certainty) dan (4) Peace: suasana damai dan tentram.


Jadi keamanan perusahaan mengacu pada langkah-langkah yang diterapkan oleh suatu organisasi untuk melindungi aset fisik, keuangan, intelektual, dan manusia dari berbagai ancaman. Risiko ini dapat mencakup pencurian, penipuan, serangan dunia maya, bencana alam, serangan teroris, dan potensi bahaya lainnya. Sistem pengawasan dan pemantauan, petugas keamanan, dan langkah-langkah keamanan lainnya sangat penting untuk melindungi organisasi dari risiko dan ancaman semacam tersebut. Namun, terkadang ada banyak situasi yang dapat menyebabkan ancaman internal dan eksternal menjadi kenyataan. Oleh karena itu, keamanan perusahaan harus menjadi pertimbangan serius untuk semua ukuran bisnis. Berinvestasi dalam keamanan perusahaan membantu melindungi aset, kekayaan intelektual, informasi sensitif, sumber daya, staf, pelanggan, teknologi, dan data dari potensi ancaman.


*TUJUAN*

Pelatihan ini diselenggarakan untuk memberikan pembekalan kepada seluruh peserta untuk mereview pemahaman system keamanan perusahaan (corporate security) secara menyeluruh dalam merespon dimensi dan dinamika keamanan yang terus berkembang, sehingga bisa merancang dan menerapkan system keamanan yang komprehensif dan integratif.


*SUBJEK PEMBAHASAN*

- Pengertian dan Ruang Lingkup Keamanan Perusahaan?

- Landasan Hukum Keamanan Perusahaan

- Manfaat dan Perlindungan Aset Perusahaan

- Pencegahan Kejahatan (Internal & Eksternal)

- Intelijen Keamanan Organisasi

- Desain Kerja Intelijen Internal Organisasi 

- Menerapkan Tindakan Hukum

- Mengelola Risiko Keamanan

- Analis Keamanan

- Antisipasi Potensi Ancaman Saat Ini

- Desain Rencana Keamanan Perusahaan

- Analisis Persyaratan Keamanan

- Respons Insiden Proaktif

- Security Improvement

- Pengembangan Pola Pikir Keamanan 

- Strategi Perancangan Keamanan Integratif


*Informasi lebih lanjut terkait pelatihan ini dapat menghubungi :*

– Bu Ria : 0813-9555-2289

– Bu Ines : 0813-2498-5928

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Iklan Disewakan

Laman