Tim Elang PRAWITA GENPPARI Nikmati Berendam Air Panas Ciater - bregasnews.com - Koran Online Referensi Berita Pantura

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Senin, 15 Januari 2024

Tim Elang PRAWITA GENPPARI Nikmati Berendam Air Panas Ciater



Bregasnews.com - “ Ada idiom yang sering menjadi bahan guyonan ringan dengan istilah ‘ Jangan Telat Piknik kalau Tidak Mau Sakit’. Idiom ini mungkin nampak sederhana, tapi kalau direnungkan ada benarnya juga. Intinya ada keseimbangan antara beribadah, bekerja dengan berwisata. Tinggal memilih bentuk dan tujuan wisata sebaiknya yang melebur dengan keindahan alam, sekaligus untuk meningkatkan rasa syukur atas berbagai karunia Allah terhadap anugerah alam yang mempesona ini. Bahkan konsepnya bisa diintegrasikan dengan tujuan ibadah, kesehatan, aktivitas social, pelatihan, dan sebagainya “, ungkap Ketum DPP Prawita GENPPARI Dede Farhan Aulawi di Subang, Minggu (14/1).


Hal tersebut ia sampaikan ketika mendampingi Tim Elang (Emak – emak Petualang) Prawita GENPPARI untuk berendam di kolam air panas Sariater kabupaten Subang, Jawa Barat. Menurutnya di Indonesia ini memiliki banyak gunung berapi sehingga banyak juga potensi air panas yang tersedia dari alam. Meskipun ada juga beberapa titik yang cukup jauh dari Kawasan gunung berapi tetapi memiliki sumber air panas alam. Contohnya di Jawa Barat ini yang memiliki destinasi dan potensi wisata yang  berbasis pada sumber air panas alam. 


Selanjutnya Dede juga menambahkan bahwa berlibur sambil berelaksasi di pemandian air belerang bisa jadi pilihan untuk wisata kesehatan dan juga untuk melepaskan stres. Selain itu berendam di pemandian air panas juga punya manfaat untuk tubuh. Sebuah penelitian di Jepang menunjukkan bahwa berendam dalam bak mandi berisi air hangat selama 10 menit dapat memperbaiki kesehatan jantung. Selain itu, mandi atau berendam di kolam belerang hangat juga dapat meredakan penyakit kulit tertentu. Tapi perlu diingat untuk metode ini, sebaiknya gunakan kolam khusus agar tidak menularkan penyakit kulit ke orang lain.


Namun demikian disamping banyak manfaat bermandi di air panas alam ini, bagi orang – orang tertentu yang memiliki sensitivitas kulit perlu berhati – hati karena bisa menyebabkan iritasi atau alergi. Air belerang adalah air yang mengandung senyawa belerang, terutama sulfur atau senyawa sulfida. Sulfur memiliki sifat yang dapat memberikan aroma khas yang sering diidentifikasi sebagai bau yang khas, seperti bau telur busuk. 


Adapun kalau bica manfaatnya tentu banyak sekali seperti, meredakan nyeri otot, merangsang peredaran darah, menyehatkan kulit, mengurangi stress, mengatasi gangguan pernapasan, menghilangkan racun, dan lain – lain. 


“ Oleh karena itu, penting untuk menggunakan air belerang dengan bijak dan sesuai dengan petunjuk, serta memperhatikan reaksi tubuh terhadap paparan tersebut. Jika ada kekhawatiran atau gejala yang mencurigakan, segera konsultasikan dengan dokter “, pungkas Dede.***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Iklan Disewakan

Laman