KPU Brebes Berhasil Selesaikan Rekapitulasi Penghitungan Suara Pemilu 2024 Tingkat Kabupaten - bregasnews.com - Koran Online Referensi Berita Pantura

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Selasa, 05 Maret 2024

KPU Brebes Berhasil Selesaikan Rekapitulasi Penghitungan Suara Pemilu 2024 Tingkat Kabupaten

  


Bregasnews.com  - Rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Komisi Pemilihan Umum (KPU) 2024 tingkat Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, akhirnya berhasil diselesaikan setelah melalui proses serangkaian yang ketat dan transparan. 


Namun, sebuah kejadian khusus yaitu protes atau keberatan dari sejumlah saksi partai politik serta temuan Bawaslu mewarnai rekapitulasi pleno yang berlangsung selama lima hari sejak Jumat 1 Maret hingga Selasa 5 Maret 2024, pukul 02:42 dini hari.


Ketua Bawaslu Kabupaten Brebes, Trio Pahlevi, mengungkapkan, terkait dengan temuan yang menjadi catatan dalam  berita acara kejadian khusus, yaitu menemukan beberapa perbedaan data (selisih). Yakni yang bersumber dari data rekapitulasi kecamatan dengan data finalisasi di tingkat PPK Kecamatan Banjarhajo.


Bahwa perbedaan atas temuan dari Panwascam Kecamatan Banjarharjo saat melakukan pengawasan adalah dengan merujuk pada sumber data tamplate excel Panwaslu Kecamatan Banjarharjo dengan foto C-hasil dibeberapa desa yang disandingkan dengan form D-hasil Kecamatan Banjarharjo yang sudah tercetak. Terutama untuk perolehan suara beberapa partai dan caleg DPR RI  pada saat proses rekapitulasi di tingkat Kabupaten Brebes.


"Meskipun tidak terlalu signifikan perbedaan selisih suaranya antara C-hasil disandingkan dengan D-hasil, akan tetapi  perlunya KPU melakukan pencermatan dan  perbaikan," pungkasnya.


Meskipun pada rapat pleno tingkat kabupaten banyak dinamika dan tanggapan yang disampaikan saksi partai politik, KPU menampung semua tanggapan dan masukan dalam berita acara kejadian khusus. Bahkan, proses rapat pleno berjalan dengan aman, lancar, tertib dan terkendali.


Ketua KPU Kabupaten Brebes, Manja Lestari Damanik, mengatakan pleno tingkat Kabupaten Brebes selesai dan resmi ditutup Selasa 5 Maret 2024, pukul 02;42 dini hari.


Ia mengakui pada rapat pleno tingkat kabupaten banyak sekali dinamika dan tanggapan yang disampaikan saksi partai politik dan juga Bawaslu Kabupaten Brebes.


“Kami menampung semua tanggapan dan masukan yang disampaikan dan kami memasukkan dalam berita acara kejadian khusus. Untuk jumlahnya masih kita rekap, "kata Manja.


Ia menyebutkan, berdasarkan berita acara kejadian khusus ada belasan. Seperti, terjadi perubahan jumlah pemilih yang menggunakan hak pilih dalam daftar pemilih tambahan (DPTb) dan Daftar Pemilih Khusus (DPK).


Kemudian, terjadi perbedaan jumlah selisih suara antara C-hasil dengan D-hasil untuk beberapa partai politik dan beberapa caleg untuk DPR RI yang terjadi di beberapa kecamatan. Selain itu, perbedaan jumlah selisih suara juga terjadi untuk tingkatan DPRD Provinsi, DPD, bahkan DPRD Kabupaten. Namun, jumlahnya tidak terlalu signifikan.


"Akan tetapi perbedaan jumlah selisih suara itu sudah dilakukan perbaikan. Termasuk dengan temuan Bawaslu juga sudah dilakukan perbaikan," jelas Manja.


Rapat pleno terbuka dinyatakan tuntas, dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara. Selanjutnya, hasil penghitungan perolehan suara Pemilu 2024 tingkat kabupaten Brebes ini, akan diserahkan ke KPU Provinsi langsung hari ini.***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Iklan Disewakan

Laman