Proyek Talud & Rabat Beton di Desa Baros Diduga Tidak Seusai Spesifikasi Teknis - bregasnews.com - Koran Online Referensi Berita Pantura

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Kamis, 21 Maret 2024

Proyek Talud & Rabat Beton di Desa Baros Diduga Tidak Seusai Spesifikasi Teknis

Pembangunan Talud Jalan Usaha Tani (JUT) tahun 2022 dengan nilai Rp.150juta


Bregasnews.com-- Proyek Dana Desa Baros, kecamatan Ketanggungan Kabupaten Brebes dengan pembangunan Talud Jalan Usaha Tani (JUT) tahun 2022 dengan nilai Rp.150juta dan Tahun 2023 untuk Rabat Beton Jalan Usaha Tani  (JUT) dengan nilai Rp.200juta, kedua proyek tersebut diduga tidak sesuai spesifikasi teknis.


Dari pantauan media kelokasi, kegiatan pembangunan Talud JUT tersebut, tidak ada dudukan atau galian dasar pondasi untuk pemasangan batu dan kebanyakan menggunakan batu blonos, sehingga hasilnya kurang maksimal dan tidak tahan lama dan kegiatan pembangunan rabat beton jalan usaha tani tersebut, kuat dugaan pembangunan rabat beton jalan tersebut, tidak mengacu pada RAB (Rencana Anggaran Biaya) . Selain itu, komposisi adukan material antara semen, batu dan pasir terindikasi tak sesuai takaran dan tidak menerapkan aturan pengecoran jalan rabat beton.

Rabat Beton Jalan Usaha Tani  (JUT) dengan nilai Rp.200juta


Hal tersebut dibenarkan oleh warga setempat saat ditemui awak media dilokasi pekerjaan," Kami menduga proyek yang dikerjakan pada penghujung tahun 2023 itu terkesan asal-asalan dan tidak mengikuti juklak-juknis yang telah diatur."ungkapnya dilokasi pekerjaan, beberapa waktu lalu.


Bagaimana tidak, dikatakannya, jalan yang diharapkan bisa menjadi akses penunjang bagi masyarakat khususnya para petani tapi kualitasnya justru mengecewakan.


" Coba tolong di kroscek kondisi pembangunan tersebut, ini kan belum lama dibangun, tapi sudah mengalami kerusakan. Menurut saya kesannya kaya sia-sia saja kan dananya besar,”ucapnya.


Ahmad Sugiarto selaku kordinator Aktivis pegiat anti korupsi GEMA BERHIAS Kabupaten Brebes mengatakan Pemdes Baros supaya lebih memperhatikan mutu dan kualitas bangunan dan jangan hanya mencari keuntungan besar yang pada akhirnya masyarakalah yang dirugikan.


" Salah satunya pembangunan rabat beton jalan usaha tani dan talud jalan usaha tani Desa Baros menarik untuk di telisik, karena saya lihat dalam pelaksanaan tersebut terkesan asal-asalan kuat dugaan pembangunan rabat beton jalan usaha tani tersebut tidak sesuai spesifikasi teknis." tulisnya melalui pesan Whatsapp, Kamis (21/3/2024).


Mirisnya lagi, kata dia, pembangunan Talud dan Rabat Beton Jalan Usaha Tani (JUT) tersebut, belum lama dibangun sudah mengalami kerusakan, rusaknya pembangunan rabat beton jalan tersebut, dikarenakan kurangnya campuran semen, selain itu rendahnya mutu serta kualitas pekerjaan bangunan tersebut yang diduga sangat buruk sehingga bangunan tidak bertahan lama.


" Atas dugaan temuan dalam pelaksanaan pengerjaan tersebut, pihaknya akan berkordinasi dengan Dipermades, Inspektorat, Aparat Penegak Hukum (APH) dan Badan Pemeriksa Keuangan RI (BPK) guna menindak lanjuti apa yang menjadi temuan kami dilapangan,"ujarnya.


Sementara Wihno selaku Kepala Desa Baros saat dikonfirmasi melalui pesan Whatsapp, Kamis (21/3/2024) belum merespon.***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Iklan Disewakan

Laman